kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar Hari Ini Kamis 25 April 2024, USD Masih Menguat

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Muhammad Adimaja

PIKIRAN RAKYAT – Kurs nilai tukar rupiah ke dollar AS hari ini Kamis, 25 April 2024 masih menguat. Nilai tukar dollar AS ke rupiah masih stabil di angka Rp16.200an dalam sepekan terakhir.

Adapun kurs nilai tukar rupiah ke dollar AS hari ini dibuka dengan Rp16.212 per pukul 7.20 WIB. Dolar AS sempat melemah atas rupiah pada Rabu, 24 April 2024 pagi hingga nilainya mencapai Rp16.142.

Bank Indonesia (BI) berupaya keras untuk menstabilkan nilai tukar rupiah di kisaran Rp16.200 per dollar AS. Apalagi pada pertengahan April 2024 kemarin nilai tukar dollar AS ke rupiah menyentuh kurang lebih Rp16.500.

Menguatnya dollar AS ini membuat masyarakat dunia berbondong-bondong berinvestasi ke aset safe-haven. Adapun aset safa-haven yang jadi incaran adalah emas batangan dan juga dollar AS itu sendiri.

Baca Juga: Anak Zulhas Pamer Minum Starbucks di Makkah, Zita Anjani Jadi Bulan-bulanan Gegara Tak Empati ke Palestina

Meningkatnya konflik di Timur Tengah terutama Iran-Israel Penjajah beberapa waktu lalu membuat dollar AS makin menguat. Bahkan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve System atau The Fed dianggap akan menahan suku bunga acuan lebih lama.

Rupiah masih terdepresiasi sekitar 2,98 persen month-to-month (mtm) atau 5,5 persen year-to-date (ytd) terhadap dollar AS. Rupiah juga tercatat sebagai salah satu mata uang dengan performa terburuk dengandingkan negara sejawat.

Ekonomi Indonesia kuat

Meski ekonomi masih lemah terhadap dollar AS, tapi ekonomi Indonesia dianggao masih kuat. Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut ekonomi Indonesia tetap bertahan kuat dalam menghadapi ketidakpastian global.

"Bagaimana dampak ketidakpastian global itu terhadap ekonomi domestik? Secara keseluruhan ketahanan ekonomi Indonesia itu berdaya tahan kuat," kata Perry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat