kievskiy.org

Selain Genset, Perlu Load Bank guna Jamin Kebutuhan Listrik Bisnis Anda, Simak Manfaat dan Tipsnya

Rangkaian genset Sewatama yang mendukung operasional perusahaan minyak di Riau, Sumatera, sebelum digunakan dilakukan uji dengan load bank.
Rangkaian genset Sewatama yang mendukung operasional perusahaan minyak di Riau, Sumatera, sebelum digunakan dilakukan uji dengan load bank. /Dok. Sewatama

PIKIRAN RAKYAT - Sebagian besar industri bahkan mungkin hampir seluruh industri dan operasi binis dari yang besar hingga yang kecil menggunakan teknologi yang tidak akan terlepas dari pasokan daya listrik yang baik dan stabil.

Oleh karena itu tak mengherankan jika guna memperlancar bisnisnya dan produktifitas, masalah kelistrikan ini harus dipersiapkan dengan sangat baik termasuk cadangan aliran listrik ataupun tambah daya.

Dan untuk penyediaan cadangan listrik serta tambah daya listrik ini, genset atau generator genset menjadi yang paling dibutuhkan. Pada kenyataannya penggunaan genset ternyata tidaklah cukup menyelesaikan kebutuhan listrik. Sebab untuk memastikan apakah genset mampu berjalan dengan baik sebelum dioperasikan dibutuhkan load bank.

Load bank berfungsi sebagai alat penguji beban listrik sebelum sumber utama listrik, seperti genset, digunakan untuk beban sesungguhnya. Hal ini dapat mencegah terjadinya kegagalan operasi dari sistem kelistrikan. Penggunaan load bank sangat dibutuhkan dalam pengoperasian instalasi listrik.

Adapun manfaat load bank yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber yakni,

1. Mendukung tes sinkronisasi mesin

2. Menguji performa mesin diesel dan Turbin

3. Pengetesan System Battery dan UPS

4. Memindahkan beban kinerja generator

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat