kievskiy.org

Sandiaga Uno Minati Kombinasi Desa Wisata dengan Digitalisasi Produk UMKM Aceh

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di sela kunjungan ke Dermaga Tugu Merah Putih di Teluk Sabang, Provinsi Aceh, Minggu, 2 Mei 2021.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di sela kunjungan ke Dermaga Tugu Merah Putih di Teluk Sabang, Provinsi Aceh, Minggu, 2 Mei 2021. /Pikiran Rakyat/Hendro Susilo Husodo

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bakal mengombinasikan desa wisata, dengan digitalisasi produk ekonomi kreatif, yang dihasilkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Sabang, Provinsi Aceh. 

Selain itu, Sandiaga Uno juga berencana untuk menghidupkan kembali Bandara Maimun Saleh di Kota Sabang. 

Hal tersebut ditujukan untuk membangkitkan pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif di Aceh, khususnya di Kota Sabang.

"Bandara Sabang ini dulu melayani jalur Kualanamu-Sabang, namun beberapa tahun terakhir ini tidak beroperasi. Saya juga akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali," kata Sandiaga Uno di Nol Kilometer Indonesia, Kota Sabang, Sabtu, 1 Mei 2021.

 Baca Juga: PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1442 H, Lebaran Beda dengan NU dan Pemerintah?

Pada kesempatan tersebut, dia secara resmi menjadi pengunjung ke-240.000 di Nol Kilometer Indonesia, dan mendapatkan sertifikat dari Wali Kota Sabang. 

Sandiaga Uno pun mengajak wisatawan nusantara untuk berkunjung ke lokasi yang menjadi titik paling barat di Indonesia tersebut.

"Kalau dilihat dari 240 ribu pengunjung itu enggak sampai 1 persen dari penduduk di Indonesia. Oleh karena itu, saya ingin mengajak masyarakat, terutama wisatawan nusantara, di saat pandemi ini menggunakan kesempatan untuk merasakan sensasi tersendiri ada di tepi terbarat dari negara kita yang tercinta ini," katanya.

 Baca Juga: Berbuat Mesum di Tempat Gelap, Sebuah Mobil Digerebek Polisi

Sandiaga Uno pun menyatakan bakal berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Iskandar Zulkarnain. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat