kievskiy.org

Investasi UEA di Aceh Ada Campur Tangan Beijing, Luhut: Jangan Terlalu Marah-marah ke China

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) /Facebook.com/Luhut Binsar Pandjaitan


PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Uni Emirat Arab (UEA) akan merealisasikan investasi senilai 500 juta dolar AS di Aceh Singkil dengan terus melakukan komunikasi dengan Menteri Menteri Energi dan Industri UEA, Suhail Mohammed Al Mazrouei.

Terkait investasi UEA di Aceh itu, Luhut meminta masyarakat agar tidak terlalu marah ke Beijing karena dalam investasi tersebut nantinya akan ada campur tangan China.

"Tapi Anda jangan marah, dia (UEA) membawa China pula untuk kemari," kata Luhut dalam sambutannya pada acara Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #PasarLautIndonesia di Aceh, Rabu, 8 September 2021, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak STNK Online di Signal, Tidak Perlu ke Samsat

"Dunia itu berputar, jadi kita jangan terlalu marah-marah, kenapa Indonesia ke China? Ini malah Abu Dhabi membawa CEO-nya orang China. Jadi inilah sekarang globalisasi itu," ujarnya.

Luhut mengingatkan bahwa Indonesia tidak bisa begitu saja membatasi diri lantaran saat ini dunia sudah semakin mengglobal. Yang terpenting, kata dia, Indonesia tetap harus membangun ketahanan nasional.

"Ke siapa saja kita bisa berhubungan, tapi ketahanan nasional kita harus kita bangun. Kalau kita membentengi diri kita nggak boleh berhubungan, kita akan nanti kecele bahwa dunia ini sudah begitu mengglobal," ujarnya.

UEA sebelumnya dikabarkan akan berinvestasi dalam pengembangan pariwisata di Aceh.

Baca Juga: Ironi, Istri Jadi Bupati Probolinggo tapi Seleksi dan Pengangkatan Jabatan Harus Disetujui Suami

Pada awal Maret lalu, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menandatangani kerja sama pengembangan dan investasi pariwisata dengan Murban Energy Limited, Uni Emirate Arab (UEA) yang akan dipusatkan di Pulau Banyak, Aceh Singkil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat