kievskiy.org

Jokowi Puji BPD di Tiga Provinsi Ini

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo memuji Bank Pembangunan Daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan, karena dianggap berhasil mengarahkan penyaluran kredit kepada usaha-usaha kecil. Jokowi pun meminta BPD lainnya untuk mengikuti apa yang sudah dibuat oleh BPD di ketiga provinsi itu. 

"Saya sangat menghargai apa yang telah diperbuat oleh Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Mereka betul-betul mengarah kepada yang kecil-kecil. Provinsi yang lain harus meniru mereka. Tidak usah sulit-sulit. Kalau kita lihat sudah ada yang bagus, ya kopi, tiru, terapkan di provinsi yang lain," katanya ketika membuka pertemuan awal tahun dengan pelaku industri jasa keuangan di Istana Negara, Jumat, 13 Januari 2017.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Dewan Komisioner Muliaman D Hadad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo, dan petinggi perbankan. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan kepada pelaku industri jasa keuangan mengenai pentingnya mengarahkan penyaluran kredit perbankan ke kalangan usaha menengah ke bawah yang produktif. 

Dalam konteks penyaluran bantuan keuangan kepada usahawan menengah ke bawah, Jokowi mengatakan, sesama BPD hendaknya menjalin kerjasama. BPD yang besar dikatakannya harus memberikan dukungan kepada BPD yang masih kecil. 

Jokowi juga menyampaikan penekanannya kepada gubernur agar bisa memberikan subsidi-subsidi bunga kepada pelaku usaha menengah ke bawah dari APBD. "Janganlah kita sampai sekarang ini senang memberikan bantuan-bantuan sosial yang tidak produktif. Sebaliknya, berikan bantuan-bantuan itu kepada hal yang produktif," ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat