kievskiy.org

11 Tips Media Relations untuk Startup

INDONESIA menjadi negara yang memiliki pertumbuhan startup berbasis teknologi tertinggi di Asia Tenggara. Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia tercatat memiliki jumlah sekitar 2.000 startup pada tahun 2016 silam. Pertumbuhan startup ini juga diprediksi akan terus meningkat sampai dengan 6,5 kali lipat pada tahun 2020.

Berbicara soal publikasi media, setiap perusahaan termasuk startup memerlukan sebuah jurus yang biasa disebut media relations. Yaitu salah satu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi perusahaan. 

Sayangnya masih banyak startup yang belum tahu bagaimana caranya untuk menjalin hubungan yang "benar" dengan media. Bahkan masih banyak startup Indonesia yang belum memahami pentingnya fungsi media relations sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan produknya ke masyarakat.

Lalu, bagaimana cara membangun relasi dengan media yang tepat? Berikut adalah tips media relation dari 11 media besar di Indonesia seperti hasil riset yang dilakukan Andrew Prasatya, Senior Content Marketer iPrice, sebuah perusahaan startup pembanding harga yang berbasis di Kuala Lumpur. Riset yang dilakukan iPrice meliputi berbagai media, yaitu Pikiran Rakyat, Dailysocial, Sindonews, Kompas, BBC Indonesia, Tech in Asia Indonesia, Jalan Tikus, Jakarta Post, Merdeka, Metrotvnews, dan CNN Indonesia. 

 

1. Media Relations adalah “Menjual” Konten ke Media (Pikiran Rakyat)

Banyak perusahaan startup yang kurang mengetahui bahwa media itu tidak berbayar. Kalau berbayar namanya iklan. Alih-alih membayar media untuk mendapatkan publikasi, banyak startup yang kurang tahu kalau media sebenarnya membutuhkan konten. Konten yang dimaksud adalah konten yang bermanfaat bagi pembaca seperti informasi-informasi mengenai e-commerce, teknologi, dan sebagainya.

Bagaimana caranya? Perusahaan startup harus proaktif untuk mendekatkan diri ke media dengan memberikan insight mengenai produk mereka, untuk menyakinkan media bahwa produk tersebut adalah sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat. Pelaku startup pun perlu mengetahui waktu yang tepat saat mengirim konten atau press release kepada media, yakni pada pagi hari sekitar pukul 9 hingga 11 untuk mendapatkan prioritas untuk diterbitkan.

2. Media Relations adalah Investasi (Dailysocial.id)

Banyak perusahaan startup yang kurang memahami bahwa hubungan dengan media adalah salah satu bentuk investasi yang harus dipupuk terus-menerus. Media seharusnya bisa menjadi sebagai partner yang bisa memberikan mutual relationship antar dua pihak.

Dari sisi startup memberikan informasi yang dibutuhkan oleh media baik itu tentang teknologi, informasi produk dan data-data, sebaliknya media memberikan publikasi mengenai informasi tersebut untuk pembacanya. Hubungan baik dengan media adalah hubungan terbuka yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat