kievskiy.org

The Big Start Indonesia, Buka Peluang Bisnis Creativepreneur

JAJARAN direksi Blibli.com beserta pembicara berfoto bersama pada acara roadshow The Big Start Indonesia (TBS), di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017. TBS merupakan kegiatan yang digelar Blibli.com bagi creativepreneur.*
JAJARAN direksi Blibli.com beserta pembicara berfoto bersama pada acara roadshow The Big Start Indonesia (TBS), di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017. TBS merupakan kegiatan yang digelar Blibli.com bagi creativepreneur.*

JAKARTA,(PR).- Perkembangan teknologi digital seakan tak ada hentinya. Setiap saat, selalu ada perkembangan juga inovasi terbaru. Di era milenium yang telah memasuki dasawarsa kedua perkembangan teknologi pun semakin meluas dalam hitungan detik.

Pelaku usaha kreatif atau disebut juga creativepreneur dituntut untuk memasarkan usahanya dengan pendekatan yang berbeda. Pemanfaatan teknologi digital menjadi hal yang mutlak dilakukan. Maka tak salah jika kini banyak bermunculan startup atau perusahaan rintisan yang memanfaatkan teknologi digital.

Kini, sudah mulai ada pergeseran transaksi jual beli. Sekalipun metoda tradisional masih ada, belanja online menjadi sesuatu yang banyak diminati. Selain cepat, juga dapat dilakukan di mana saja, tanpa harus berangkat ke toko. Cukup dengan mengoperasikan perangkat mobile.

Salah satu e-commerce, Blibli.com melihat ada peluang besar dari perkembangan e-commerce di tanah air. Blibli pun menggelar program bertajuk “The Big Start Indonesia” atau TBS. Kegiatan tersebut bertujuan memacu para creativepreneur khususnya generasi muda asal Indonesia agar dapat terus menelurkan inovasi produk, mengasah kreativitas, hingga menambah banyak pengalaman menarik dalam menjalankan digital platform yang berguna untuk kemajuan bisnisnya.

Menurut Kusumo Martanto, selaku CEO Blibli.com, TBS kini memasuki tahun kedua penyelenggarannya. Pada tahun pertama, ada 15 ribu peserta dan mendapat 260 juta viewers melalui Facebook, dan 12 juta viewers melalui YouTube.

TBS tahun ini bukan sekadar kompetisi. Namun lebih mengajak peserta membuka peluang bisnis dan memperluas jaringannya.

Tahapan seleksi

TBS merupakan creativepreneur webseries reality show pertama di Indonesia yang tidak hanya fokus memberdayakan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Namun juga para penggerak industri kreatif di tanah air. Misi dari kegiatan ini adalah menanamkan jiwa inovasi dan kreativitas dengan memberikan pengetahuan, pelatihan, modal, network, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh para UKM peserta program The Big Start Indonesia.

“Dukungan Blibli.com untuk para creativepreneur bukan hanya sekadar ucapan komitme. Benar diwujudkan dalam sebuah tindakan memajukan industri kreatif di Indonesia. Kami memberikan ruang untuk memberdayakan industri kecil menengah lokal asli Indonesia. Tujuannya agar usahanya semakin meningkat dan dapat memaksimalkan platform digital yang kian marak untuk menunjang pengembangan usahanya,” ucapnya, Jumat, 11 Agustus 2017.

Kusumo mengatakan, saat ini para pelaku industri kecil menengah di Indonesia ada sebanyak 90% yang belum seluruhnya menjalankan usahanya dengan menggunakan platform digital. Akan tetapi, peningkatan pengguna dengan medium digital terus meningkat seiring peningkatan tren kenaikan jumlah pengguna internet dan juga media sosial terutama dikalangan usia milenial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat