kievskiy.org

Erick Thohir: Sejak Awal Bisnis Model Garuda Indonesia Sudah Salah, Berlangsung Puluhan Tahun

Potret Menteri BUMN, Erick Thohir.
Potret Menteri BUMN, Erick Thohir. /Antara/Zubi Mahrofi Antara/Zubi Mahrofi


PIKIRAN RAKYAT - Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengungkapkan bisnis model Garuda Indonesia sejak awal sudah salah dan berlangsung puluhan tahun. Dia menjelaskan kondisi Garuda meledak ketika terjadi pandemi Covid-19.

"Sejak awal Garuda, bisnis modelnya sudah salah dan ini sudah berlanjut puluhan tahun dan meledaknya sekarang karena apa? Covid-19 juga," kata Erick Thohir dalam wawancara Kick Andy Show, dikutip Senin, 15 November 2021.

Menurutnya, Garuda Indonesia sudah dimanja karena merasa memiliki pasar domestik yang kuat.

"Ketika apa yang selama ini dimanja karena kita punya domestic market yang sangat kuat. Oknum di Garuda lebih senang membuka terus pemikiran ke luar negeri yang akhirnya jumlah pesawatnya bermacam-macam. Kalau terbang ke sini harus pakai pesawat ini," ujar Erick.

Baca Juga: Nyawa Denny Sumargo Nyaris Melayang Gegara Microsleep saat Mengemudi: Bahaya

Akibat kondisi itu, kata Erick, jumlah penyewaan pesawat Garuda paling banyak di dunia.

"Itu yang akhirnya apa? Lessor-nya kita, penyewaan pesawat kita paling banyak di dunia jumlah macam pesawatnya di dalam satu airline industri," tuturnya.

Selain itu, Garuda juga menyewa pesawat paling mahal di dunia yakni 28 persen dari rata-rata dunia 6 persen daripada biaya operasional.

Oleh karena itu, Erick Thohir menjelaskan masalah kompleks Garuda itu bukan kejadian saat ini tapi sudah berpuluh tahun.

"Dan ini ada skenario mencari uang di sewa-sewa pesawat Dan itu terbukti KPK sudah memenjarakan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat