kievskiy.org

Program Tol Laut Bisa Menghemat Biaya Angkutan

 KEPALA KSOP Cilacap Jawa Tengah Wigyo Satari.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN
KEPALA KSOP Cilacap Jawa Tengah Wigyo Satari.*/AGUS KUSNADI/KABAR PRIANGAN

PANGANDARAN,(PR).- Tol laut merupakan program Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk menghubungkan jalur pelayaran dan meningkatkan perekonomian di daerah bagian selatan pulau Jawa dengan menggunakan berupa kapal perintis. 

"Saat ini program tol laut masih pada tahap pertama, sesuai rencana yang sudah ditetapkan rutenya dari pelabuhan Cilacap-Banyuwangi-Lembar Lombok Barat, PP (pulang pergi)," ungkap Kepala Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cilacap Jawa Tengah Wigyo Satari di Pangandaran, Minggu, 6 Oktober 2019.

Rencananya tahun 2020, kata Wigyo, ada pengembangan rute dari Cilacap ke Pangandaran. Kemudian  dari Pangandaran-Cilacap-Trenggalek-Banyuwangi dan Lembar Lombok PP. 

Dirinya berharap penambahan rute Pangandaran dan Trenggalek ini bisa mensimulasi pengembangan ekonomi khususnya di Trenggalek dan Pangandaran. 

"Karena kalau melihat waktu lama perjalanan melalui darat dari Cilacap ke Pangandaran memakan waktu 3 jam, tetapi kalau melalui kapal perintis ini bisa memotong kompas, waktunya memang sedikit lama tetapi bisa lebih efesien karena daya angkutnya lebih besar, muatannya bisa 3.500 ton tapi kalau pakai truk paling bisa mengangkut 30 ton itu sudah maksimal," ujar Wigyo. 

General kargo

Kemudian untuk program angkutan laut perintis ini, lanjut dia, sesuai dengan kebijakan pusat kemungkinan akan diganti dengan program tol laut, karena situasi dan kondisi di laut selatan itu ekstrim dan ombaknya juga cukup tinggi. 

"Sedangkan kalau hanya dengan kapal perintis saja tentu ada keterbatasan ujuran kapal. Tetapi kalau dengan tol laut ini volumenya akan lebih besar. Kapalnya juga banyak pilihan, bisa general kargo, juga bisa juga dengan kapal kontainer cargo," paparnya. 

Untuk komoditi saat ini, kata wigyo, baru mengangkut semen dari Cilacap ke Trenggalek. Angkutan semen ini sangat membantu percepatan pembangunan di sejumlah daerah. Apalagi, di Lember Lombok tengah terjadi kelangkaan semen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat