kievskiy.org

Jelang Akhir Tahun 2019, Bank Asing Ramal Ekonomi Indonesia Hanya Tumbuh 5,1 Persen Sepanjang Tahun Ini

ADB memprediksi ekonomi Indonesia hanya tumbuh tak lebih dari 5,1 persen tahun ini. Lantas, bagaimana dengan tahun depan?/
ADB memprediksi ekonomi Indonesia hanya tumbuh tak lebih dari 5,1 persen tahun ini. Lantas, bagaimana dengan tahun depan?/ /ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 di angka 5,1 persen sementara tahun depan 5,2 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Ekonomi ADB Yasuyuki Sawada dalam pernyataan terbarunya, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari pemberitaan ANTARA.

Dalam pernyataannya, Sawada menyebut catatan itu termasuk dari bagian laporan tambahan Asian Development Bank Outlook 2019 Update yang telah dirilis sejak September 2019.

Baca Juga: Mantan Narapidana Mesti Tunggu Lima Tahun Sebelum Ikut Pilkada

Tercatat, ADB sudah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi negara-negara di Asia seiring dengan melambatnya ekonomi Tiongkok dan Indian lantaran terjadinya guncangan internal atau pun eksternal.

ADB juga mencatat ramalan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia pada tahun 2019 dan 2020 berada di kisaran 5,2 persen.

Angka ini turun dari proyeksi sebelumnya yang mencapai 5,4 persen di bulan September dan 5,5 persen masing-masing di 2019 dan 2020.

Baca Juga: Diduga Korsleting Saat Isi Baterai HP, Rumah Warga Cimahi Terbakar

Perang dagang masih menjadi salah satu faktor yang membuat ekonomi di kawasan ini masih melemah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat