kievskiy.org

Antisipasi Lonjakan Trafik Akibat Covid-19, Operator Seluler Gelar Optimalisasi Jaringan

RUANGAN Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC), fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan secara terpadu semua layanan Indosat Ooredoo.*
RUANGAN Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC), fasilitas monitoring dan pengendalian jaringan secara terpadu semua layanan Indosat Ooredoo.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Mengantisipasi lonjakan trafik akibat Covid-19, sejumlah operator seluler melakukan optimalisasi jaringan. Pasalnya, sejak pemerintah mengumumkan himbauan untuk belajar dan bekerja dari rumah, operator seluler sudah mencatat kenaikan trafik data.

Vice President Network Operation & Quality Management Area Jakarta Bogor Tangerang Bekasi (Jabotabek) Jawa Barat (Jabar), Awal Rachman Chalik, mengatakan, sejak adanya himbauan tersebut, Telkomsel mencatat telah terjadi lonjakan trafik komunikasi (payload) layanan berbasis data dan digital hingga 5,7% dibandingkan sebelumnya. Wilayah operasional yang mengalami kenaikan payload terbesar adalah area Jabotabek-Jabar, dengan kenaikan sebesar 7%.

Baca Juga: Penyemprotan Disinfektan di Ruang Publik Efektif Bunuh Virus Corona

"Berbeda dengan layanan data, trafik voice dan SMS cenderung stabil," tuturnya.

Berdasarkan data Telkomsel, menurut dia, penyumbang terbesar lonjakan trafik data adalah payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning), yang tumbuh sebesar 236%.

Kontributor selanjutnya, ditempati komunikasi pesan instan yang tumbuh sebesar 19%, games online (13%), dan layanan digital berbasis cloud storage sebagai penunjang bekerja secara daring, yang meningkat hingga 10,4%. 

Baca Juga: Positif Terinfeksi Virus Corona, Andrea Dian Bagikan Penampakan Ruang Isolasi Tempat Dirinya Dirawat

Trafik payload lain yang meningkat, menurut dia, diantaranya adalah pemanfaatkan layanan content provider (8,2%). Selain itu juga digital advertising (7,5%), video streaming (7,3%), dan browsing (5,2%).

"Untuk memastikan kualitas jaringan dan layanan broadband serta digital, kami melakukan optimalisasi jaringan. Untuk wilayah operasional Jabotabek Jabar, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan terhadap lebih dari 5.250 site," kata Awal.

Antisipasi lonjakan trafik juga sudah dilakukan PT XL Axiata, Tbk. (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, antisipasi lonjakan trafik dilakukan XL Axiata bukan hanya untuk layanan data, tapi juga voice dan SMS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat