kievskiy.org

Potensi Luas, UMKM Indonesia Perlu Bidik Pasar Ekspor

DR. Ary Zulfikar, SH, MH. Direktur Eksekutif  Hukum LPS dalam webinar Bincang Santai  UMKM Alumi  Unpad.*
DR. Ary Zulfikar, SH, MH. Direktur Eksekutif Hukum LPS dalam webinar Bincang Santai UMKM Alumi Unpad.*

PIKIRAN RAKYAT – Pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  didorong agar jangan terpaku memasarkan produk di dalam negeri, namun berorientasi eskpor.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Koperasi sedang merancang program-program   terhadap  agar tepat sasaran.

Oleh karenanya terdapat sejumlah hal yang dapat ditempuh UMKM untuk turut andil dalam pasar ekspor dari tanah air.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Introvert, Salah Satunya Ternyata Scorpio

Hal tersebut disampaikan oleh  Fiter Silaen , Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran Kementerian Koperasi dan UMKM dalam webinar “Bincang Santai  UMKM Alumi  Unpad”.

Fiter menambahkan Pemerintah mendorong agar UMKM meningkatkan produknya, perlindungan hukum, standarisasi, sertifikasi dan perluasan akses pasar khususnya ke luar negeri.

“Untuk marketing dan pemasaran bisa melalui expo, diaspora yang  di luar negeri bisa dimanfaatkan menjadi market intelijen sehingga UMKM akan semakin berkembang dan memiliki daya saing yang kuat,” kata Fiter, dalam rilis yang diterima, Senin, 18 Mei 2020.

 Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Introvert, Salah Satunya Ternyata Scorpio

Pemerintah sendiri menitikberatkan kepada peningkatan eskalasi kelas UMKM, yang  bisa menggerakan roda perekonomian, dan tidak terjebak pada kelas survival stage.

Namun meningkat terus hingga kemudian menjadi besar dan menjadi pilar menopang perekonomian  negara yang pada saat pandemi covid-19 ini salah satunya bertumpu pada kekuatan bisnis UMKM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat