kievskiy.org

Dinkes Kota Bandung dan Tokopedia Gelar Sertifikasi Keamanan Pangan bagi UMKM, Bermanfaat untuk Izin Usaha

Tokopedia dan Dinas Kesehatan Kota Bandung Gelar Sertifikasi Keamanan bagi UMKM/Dok.Tokopedia
Tokopedia dan Dinas Kesehatan Kota Bandung Gelar Sertifikasi Keamanan bagi UMKM/Dok.Tokopedia

PIKIRAN RAKYAT -  Sertifikasi Keamanan Pangan (PKP) sangat penting bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM) untuk mendorong mereka tumbuh dan berkembang termasuk mempermudah perizinan.

Izin usaha merupakan suatu bentuk dokumen resmi dari instansi berwenang, yang menyatakan sah/dibolehkannya seseorang atau badan melakukan suatu usaha atau kegiatan tertentu.

Pada Kamis, 3 Maret 2020 lalu, Tokopedia bersama Dinas Kesehatan Kota Bandung memfasilitasi UMKM Tokopedia di Kota Bandung untuk mengikuti Sertifikasi Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dilaksanakan secara online dan gratis. Sertifikasi ini menjadi inisiasi pertama kali yang dilakukan oleh platform marketplace di Kota Bandung.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr. Ahyani Raksanagara, M.Kes.

Baca Juga: Polres Majalengka Berhasil Kembalikan 28 Unit Sepeda Motor dan Satu Mobil Curiang ke Pemiliknya

Sertifikasi (PKP) ini merupakan salah satu prasyarat mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT).

Sertifikasi ini dapat memberikan manfaat dan informasi pentingnya izin usaha bagi UMKM.

Selain itu, pelaku UMKM akan mendapatkan jaminan perlindungan hukum, memudahkan dalam mengembangkan usaha, membantu memudahkan pemasaran usaha, akses pembiayaan yang lebih mudah serta memperoleh pendampingan usaha dari pemerintah.

Penyelenggaraan sertifikasi ini juga merupakan bagian dari bagian dari program Kelas Maju Digital Tokopedia di Kota Bandung guna memberikan pendampingan dan pembekalan terkait pengembangan usaha dan kompetensi kewirausahaan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat