kievskiy.org

Banyak Orang Ingin Financial Freedom Semasa Muda, Rhenald Kasali: Usia 20-an Seharusnya Perbanyak Pendidikan

Ilustrasi.
Ilustrasi. /Pixabay/Elf-Moondance


PIKIRAN RAKYAT - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Prof. Rhenald Kasali menyoroti fenomena banyaknya anak muda ingin cepat kaya atau berkeinginann financial freedom padahal baru berusia 20-an tahun.

Ia mengingatkan semasa muda seharusnya memperbanyak pendidikan, pengetahuan, relasi hingga keterampilan.

Menurut Rhenald Kasali, financial freedom seharusnya dicapai saat usia 40-an tahun bukan di usia 20-an tahun. Oleh karena itu, kata dia semasa muda seharusnya menikmati hidup dan bekerja keras.

Baca Juga: Rhenald Kasali Sindir Influencer yang Tuntut Punya Tabungan Rp100 Juta di Usia 20-an Tahun: Ini Jualan

"Ngapain sih cepat kaya, baru umur 20-an tahun ngapain mikirkan financial freedom. Financial freedom itu ilmu yang perlu dicamkan untuk dicapai di usia 40-an tahun," kata Rhenald Kasali dalam acara PRMN Talk live di Instagram @pikiranrakyat, bertajuk 'Bongkar! Fenomena Kaya Asli & Palsu', Jumat, 18 Maret 2022.

Rhenald Kasali juga menjelaskan keinginan cepat kaya harus dihindari semasa muda karena nantinya bisa kehilangan teman, pasangan, hingga persahabatan.

"Mumpung masih muda, bangun keterampilan, kebaikan, pengetahuan. Nanti kalau sudah 40 tahun nggak punya nafsu belajar lagi. Sudah capek," katanya.

Baca Juga: Warga Bandung Berbondong-bondong ke Mandalika Hanya Bermodalkan Sepeda, Gubernur NTB Siapkan Kejutan

Rhenald Kasali mengatakan ia sudah mengalami financial freedom di usia 40-an tahun. Oleh karena itu, ia kembali mengingatkan anak muda, belum saatnya mengalami financial freedom.

"Jadi, saudara tidak perlu memikirkan financial freedom di usia 20-an tahun, 30-an tahun. Belum saatnya. Karena sekarang banyak sekali influencer dan edukator keuangan yang mengatakan kita semua dituntut untuk mendapatkan financial freedom di usia di bawah 30-an tahun," katanya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat