kievskiy.org

Pola Pembelian Berubah karena Pandemi, Pemerintah Kejar Target Digitalisasi 10 Juta UMKM

ILUSTRASI UMKM produksi roti.*
ILUSTRASI UMKM produksi roti.* /ANTARA /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sebuah keniscayan. Untuk itu, pemerintah telah menetapkan target digitalisasi sebanyak 10 juta UMKM di tahun 2020.

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), hingga saat ini baru 8 juta UMKM yang telah terdigitalisasi.

Hal tersebut dikemukakan Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi dalam  Webinar bertajuk "Koperasi dan UMKM Go Digital Di Era New Normal", di Jakarta, Jumat 10 Juli 2020.

 Baca Juga: Cerita ke Zaskia Sungkar, Rafathar Sebut Tak Mau Jadi Seperti Raffi Ahmad

Menurut Zabadi, digitalisasi UMKM tidak hanya bisa memasarkan produk dan layanan melalui marketplace.

"Mereka yang sudah ada di marketplace harus bertahan dan memiliki transaksi berkelanjutan. Dari data yang kami terima, kegagalan UMKM di marketplace adalah karena produk dan pelaku belum siap," katanya.

Disebutkan, selama ini pelaku UKM tidak dapat dihubungi oleh konsumen dengan produk yang belum siap online.

Perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah terbukti dapat memberi peluang lebih besar kepada UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan atau bahkan melaju di tengah pandemi Covid-19.

 Baca Juga: Dulu Dimaki Karena Suaranya, Aurel Hermansyah Kini Banyak Ditawari Lagu oleh Produser

"Sayangnya, peluang tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM, karena dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13% saja yang terhubung ke ekosistem digital. Oleh karena itu, perlu keterlibatan pemerintah dan berbagai pihak untuk meningkatkan literasi manfaat UMKM masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan mereka," kata Zabadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat