kievskiy.org

Bapanas: Harga dan Stok Sembako pada Pertengahan Ramadhan 2023 Aman

Ilustrasi pasar tradisional.
Ilustrasi pasar tradisional. /Pixabay/PhotoMIX-Company

PIKIRAN RAKYAT - National Food Agency (NFA) atau Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan jika persediaan dan harga pangan pada pertengahan Ramadhan 2023 cenderung aman dan konstan.

Menurut Kepala Bapanas, Arief Prasetyo, dari sisi pasokan semua pangan pokok tersedia dengan stok yang cukup sedangkan dari sisi harga relatif stabil, meskipun ada beberapa komoditas yang harganya mengalami kenaikan.

“Namun (kenaikan harga) tidak terlalu signifikan dan tidak terpaut jauh dari Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) yang telah ditetapkan Bapanas,” kata Arief.

Dari sejumlah komoditas pangan, kata Arief, cabai merah keriting, minyak goreng, gula konsumsi, daging sapi, dan daging ayam ras, tercatat memiliki harga yang stabil dan masih berada di bawah atau sama dengan HAP.

Baca Juga: Sopir yang Kendarai Mobil Dinas Bupati Kuningan Jadi Tersangka, Terancam Hukuman Berat Gegara Mengantuk

Sementara untuk beberapa komoditas yang masih berada di atas harga acuan di antaranya adalah telur ayam, bawang merah, dan cabai rawit merah.

Sedangkan untuk komoditas beras, lanjut Arief pasca penetapan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) terbaru berdasarkan Perbadan Nomor 6 Tahun 2023, harga besar level medium dan premium masih berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET)

“Kondisi harga beras medium dan premium tadi kita cek masih berada di bawah HET yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Mengenai komoditas pangan yang harganya terpantau masih berada di atas HAP, pihaknya mengaku tengah menyiapkan sejumlah langkah mitigasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat