kievskiy.org

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Jenis Baru Bioetanol yang Disebut Lebih Aman untuk Mesin, Apa Itu?

Ilustrasi  BBM
Ilustrasi BBM /Pixabay/IADE-Michoko Pixabay/IADE-Michoko

PIKIRAN RAKYAT - PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan jenis baru Bahan Bakar Minyak (BBM). Bahan bakar tersebut merupakan perpaduan Pertamax dengan formula khusus.

Formula khusus ini merupakan bahan bioetanol. Pada bahan ini terdapat beberapa komposisi alami seperti tebu, jagung, dan singkong.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan BBM baru ini akan segera rilis pada bulan ini. BBM Pertamax bioetanol ini akan memiliki berbagai manfaat. Salah satunya untuk menurunkan angka emisi yang keluar dari kendaraan bermotor sehingga jadi lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Hari Pertama PPDB Cimahi, Sekolah Diserbu Pendaftar Luar Daerah

Lantas, apa itu Bioetanol?

Bioetanol merupakan jenis bahan bakar yang dibuat dengan teknik fermentasi tumbuh-tumbuhan. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan etanol adalah bahan yang mengandung karbohidrat dan pati seperti tebu, jagung, dan gandum.

Bioetanol merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki keunggulan mampu menurunkan emisi CO2 hingga 18 persen. Hal ini karena Bioetanol mudah menguap, mudah terbakar, larut dalam air, tidak karsinogenik, dan tidak berdampak negatif bagi lingkungan.

Berbagai macam manfaat bioetanol sebagai bahan bakar alternatif ternyata sangat beragam. Seperti:

- suara mesin lebih halus

Baca Juga: Siapa Rahmania Astrini yang Jadi Tamu Spesial di Konser Coldplay Jakarta?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat