kievskiy.org

Shopee vs Blibli, Marketplace Mana yang Lebih Sayang UMKM?

Pembuatan batik di Sanggar Batik Liza, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu 12 Juli 2023. Potensi belanja produk UMKM dari dalam negeri mencapai Rp2.000 triliun per tahunnya.
Pembuatan batik di Sanggar Batik Liza, Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu 12 Juli 2023. Potensi belanja produk UMKM dari dalam negeri mencapai Rp2.000 triliun per tahunnya. /Antara/Yudi

PIKIRAN RAKYAT - Data Kementerian Koperasi dan UKM pada September 2022 menyebut bahwa kontribusi ekspor UMKM hanya 15,7% dan punya potensi besar untuk ditingkatkan. Merespons hal itu, dua marketplace, Shopee dan Blibli berupaya membuka jalan bagi pelaku UMKM agar bisa bersaing di pasar lokal dan global.

ASEAN Investment Report 2022 menempatkan Indonesia di posisi pertama untuk jumlah UMKM terbanyak. Indonesia punya 90% dari total pelaku UMKM di ASEAN. Namun, kontribusi UMKM terhadap nilai ekspor nasional hanya 15,7%. Masih jauh dibandingkan negara ASEAN lainnya seperti Singapura 41%, Thailand 29%, dan Myanmar 24%.

Kampus UMKM Shopee Ekspor

Shopee telah memulai program penguatan UMKM agar bisa memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor yang tersebar di 10 kota di Indonesia.

Shopee memulai pelatihan serentak yang diikuti 1.000 UMKM di Solo, Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Malang, Makassar, dan Denpasar. Kegiatan itu menjadi kelanjutan komitmen Shopee menyusul pembukaan 10 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor sejak 2021.

Pelatihan dan program baru itu diharapkan dapat membuka akses pasar ekspor bagi produk UMKM lokal, menyusul lebih dari 20 juta produk lokal yang kini tergabung dalam Program Ekspor Shopee dan dapat diakses pembeli di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Berikut ini program Shopee yang diharapkan dapat mempermudah akses UMKM ke pasar global

  1. Kolaborasi Penguatan UMKM Ekspor: Mengundang pihak lain turut memanfaatkan fasilitas Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di 10 Kota agar pihak-pihak yang punya program penguatan UMKM bisa memanfaatkan fasilitas itu. Pihak tersebut dapat menghubungi Kampus UMKM di masing-masing kota untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.
  2. Program Bimbel Shopee Ekspor yaitu program baru berupa pendampingan intensif lanjutan bagi UMKM terpilih yang telah mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. UMKM akan diberi pendampingan secara online untuk mempersiapkan toko mereka agar bisa mengikuti Program Ekspor Shopee dengan lebih mudah.
  3. Pendaftaran Program Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee Melalui Kanal Shopee Pilih Lokal yang telah hadir di laman muka aplikasi Shopee pada 2022 lalu, kini dapat dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri mengikuti pelatihan di Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, serta Program Ekspor Shopee.

Blibli punya Galeri Indonesia dan Vending Machine untuk UMKM

Blibli menghadirkan ruang bagi pelaku UMKM berupa lapak khusus di lama Blibli dengan nama Galeri Indonesia. Katalog Galeri Indonesia memuat produk-produk UMKM yang terkurasi dengan baik. Produk yang dijual dijamin merupakan produk lokal.

Selain itu, Blibli menyediakan layanan fulfillment by BliBli untuk pelaku UMKM. Layanan ini memungkinkan pelaku UMKM untuk pemproses pesanan dengan mudah.

Ketika ada transaksi, tim Blibli akan membanu melakukan pengemasan barang dan pemanggilan armada logistik serta detail lainnya sehingga sangat memudahkan pelaku UMKM dalam berniaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat