kievskiy.org

Dukungan Infrastruktur Jadi Salah Satu Kekuatan Jabar di Mata Investor

Acara IDE Diskusi Ekonomi dengan tema " Mengupas Pencapaian Jabar Juara Investasi" yang digelar Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) berkolaborasi dengan Diskominfo Jabar di Best Western Hotel Bandung, Rabu (2/8/2023).*
Acara IDE Diskusi Ekonomi dengan tema " Mengupas Pencapaian Jabar Juara Investasi" yang digelar Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) berkolaborasi dengan Diskominfo Jabar di Best Western Hotel Bandung, Rabu (2/8/2023).* /Yulistyne Kasumaningrum Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Dukungan infrastruktur menjadi salah satu kekuatan Jawa Barat di mata investor. Keberadaan sarana prasarana yang memadai menjadi alasan para investor memilih menanamkan modalnya di wilayah ini.

Namun, pada saat yang sama, diperlukan sinergi dan kolaborasi agar investasi yang masuk ke Jabar bisa dirasakan oleh semua pihak. Termasuk menggenjot penanaman modal asing di wilayah ini.

Demikian benang merah diskusi ekonomi yang digelar Ikatan Wartawan Ekonomi Bisnis (IWEB) Volume 1 di Hotel Best Western, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu, 2 Agustus 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar Nining Yulistiani mengatakan, Jabar menjadi ladang cukup besar bagi para investor menyimpan dananya dalam mengembangkan bisnis. Hal itu dikarenakan Jabar memiliki faktor pendukung yang tak dimiliki wilayah lain.

Capaian investasi di provinsinya sudah di angka 55 persen dari target Pemprov yakni Rp 188 triliun. Tercatat hingga semester I 2023, nilai investasi di Jabar mencapai Rp 103,6 triliun.

Tingginya investasi tersebut tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang memadai di Jabar sehingga para investor tetap memilih menanamkan modalnya di sini, meski upah para pekerjanya sudah terbilang tinggi.

“SDM di Jabar ini dalam segi produktivitasnya tinggi. Jadi kalau dibandingkan dengan daerah lain yang upahnya lebih rendah, investor masih lebih banyak memilih berinvestasi di sini,” katanya.

Nining memaparkan, alasan Jabar masih menjadi magnet bagi para investor dikarenakan infrastruktur yang mendukung. Termasuk Pembangunan Tol Cisumdawu, bisa berdampak pada investasi di Bandara Internasional Kertajati (BIJB).

“Pak Gubernur (Ridwan Kamil) door to door menawarkan investasi. Selain itu, di Jabar paling banuak trase jalan tol, kemudian didukung aksesibilitass yang memiliki kemantapan cukup tinggi, infrastruktur dasar penyediaan energi, (ketersediaan) bahan baku, dan air juga Jabar jadi salah satu lokasi yang paling banyak pilihannya,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat