kievskiy.org

5 Cara Hindari Penipuan Rentenir Online, Pilihlah Pinjol Legal menurut OJK

Rentenir online.
Rentenir online. /Pikiran Rakyat/Fian Afandi

PIKIRAN RAKYAT – Simak 5 cara hindari penipuan rentenir online yang bisa dilakukan. Pastikan Anda hanya meminjam uang dari perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang sudah terdata oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pentingnya memeriksa legalitas pinjol di OJK menjadi penting sebagai salah satu cara mencegah agar tidak menjadi korban. Cara lainnya berikut juga bisa diterapkan agar Anda atau orang tercinta bisa mengenali apakah pihak yang menawarkan pinjaman itu adalah lembaga yang legal atau ilegal.

Berikut 5 cara hindari penipuan rentenir online

Simak selengkapnya:

Baca Juga: Pinjol, Pikiran Rakyat Menyebutnya Rentenir Online

  1. Cek legalitasnya di laman resmi OJK

    Pastikan Anda memeriksa legalitas pinjol dengan mengunjungi laman OJK. Seandainya perusahaan itu tidak terdaftar sebagai fintech peer to peer lending, sebaiknya jangan meminjam uang dari lembaga tersebut. Jangan mudah terkecoh andai lembaga itu mencantumkan logo OJK dalam promosinya.
  2. Harus ada transparansi bunga

    Jika Anda ingin meminjam uang lalu kesulitan menemukan besaran bunga dalam syarat, ketentuan, atau kebijakannya, Anda patut waspada. Informasi bunga tersebut hendaknya diberitahukan di awal disertai tenornya. Anda pun bisa menghitung seberapa banyak yang akan dikeluarkan untuk pembayarannya.

    Baca Juga: Daftar Pinjol Ilegal September 2023 Lengkap

  3. Dipaksa meminjam? Jangan mau!

    Jika ada iklan pinjol yang sekilas memaksa Anda untuk meminjam, Anda harus waspada. Biasanya promosi itu datang lewat SMS atau iklan spam yang muncul di laman yang Anda kunjungi. Waspada jika Anda menemukan promosi yang mencantumkan tautan atau nomor pribadi.

    Bacalah terlebih dahulu informasi tersebut dengan teliti sebelum mengkliknya. Jika ada kecurigaan terhadap nomor pribadi tersebut, jangan sungkan melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

  4. Harus tahu rekam jejaknya

    Anda harus waspada akan rentenir online karena biasanya rekam jejaknya sulit dicari. Anda perlu memastikan legalitas, rekam jejak, pemilik, alamat kantor, dan hal-hal lainnya sebelum meminjam. Dengan adanya data tersebut, Anda pun bisa membandingkannya dengan lembaga lain yang menawarkan pinjaman serupa.

    Baca Juga: Terganggu SMS dan WhatsApp Pinjol? Simak Cara Mudah Blokir Nomor Telepon

    Cara memeriksa apakah rekam jejaknya bagus, Anda bisa memeriksa review dari lembaga itu. Bisa jadi lembaga itu memiliki rekam jejak bagus jika ada banyak review yang baik di media sosial atau laman resminya.

  5. Cek laman atau aplikasinya

    Biasanya pinjol legal memiliki aplikasi yang bisa diunduh atau laman yang bisa dikunjungi. Akan tersaji banyak informasi yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Jika aplikasi yang diunduh tidak dari Google Play Store atau App Store dan cara mengunduhnya rumit, Anda perlu waspada.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat