kievskiy.org

Gaji Pas-pasan? Ini Tips Menabung yang Efektif Bikin Dompet Tebal

Ilustrasi menabung.
Ilustrasi menabung. /Freepik

PIKIRAN RAKYAT - Bagi para kaum gaji pas-pasan, menabung mungkin terdengar seperti sesuatu yang sulit dilakukan.

Namun dengan langkah yang tepat, kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus menyisihkan uang untuk ditabung. Apalagi jika kamu belum mempunyai tanggungan.

Tak sedikit orang yang kesulitan untuk menabung akibat pengeluaran yang tidak terkontrol. Alhasil, gaji terkuras hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Baca Juga: Tips Menabung untuk Beli Tiket Konser, Self Reward Tanpa Bikin Boncos

Lantas bagaimana cara menabung bagi kamu yang mengantongi gaji pas-pasan setiap bulan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut tipsnya:

Buat Anggaran

Kamu perlu mengatur pengeluaran agar sesuai dengan pendapatan. Coba bagi pengeluaran dalam beberapa kelompok, misalnya kebutuhan pokok, tagihan, transportasi, pakaian, hiburan, dan lainnya.

Pastikan kamu mematuhi anggaran yang sudah kamu buat. Dengan demikian, kamu bisa mulai menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Bantu Pengeluaran Dana Terjaga, Menabung Semakin Mudah

Buka Rekening Tabungan

Jangan simpan tabungan dalam rekening yang kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Salah satu cara efektif agar kamu tak tergoda untuk berbelanja secara konsumtif, adalah dengan memecah uangmu ke dalam beberapa rekening.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat