kievskiy.org

BLT El Nino Cair, Ada Juga Bantuan Beras 10 Kg dan PKH Rp200 Ribu Tiap Bulan

Ilustrasi. BLT El Nino Rp400 ribu akan dicairkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan.
Ilustrasi. BLT El Nino Rp400 ribu akan dicairkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan. /Antara/M Risyal Hidayat

 

PIKIRAN RAKYAT - Selain BLT El Nino, ada bantuan beras 10 kilogram untuk masyarakat kurang mampu. Bantuan tersebut akan diberikan hingga tiga bulan pertama tahun depan dengan jumlah 10 kilogram beras tiap bulannya.

"Nanti setelah November ini, Desember kita tambah lagi satu lagi. Jadi 10 kg, 10 kg, 10 kg, 10 kg, dan juga doakan nanti Januari, Februari, Maret juga akan 10 kg, 10 kg, 10 kg," ujar Jokowi.

Selanjutnya ada program bantuan bagi masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah akan memberikan bantuan tunai sebesar Rp200 ribu per bulannya pada bulan November dan Desember 2023.

"Yang banyak PKH ya. Nanti di bulan November dan Desember Ibu lihat nanti akan ada transfer Rp200 ribu, Rp200 ribu, beda lagi. Yang ini sudah, yang itu beda lagi, Rp400 ribu sampai akhir tahun ya," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Pelatih Real Madrid Sebut Jude Bellingham akan Menarik Diri dari Timnas Inggris

Klaim BLT El Nino

Disampaikan menteri sosial, penyaluran BLT El Nino direncanakan akan dimulai paling lambat pada akhir November 2023 melalui kerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Bantuan ini akan diterima oleh para Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang telah terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos). Sejauh ini, tercatat ada sebanyak 18,8 juta keluarga yang akan mendapatkan bantuan ini.

Bantuan BLT El Nino akan disalurkan dalam dua tahap pembayaran, yakni sebesar Rp200.000 pada bulan November ini, dan sisanya sebesar Rp200.000 akan diberikan pada bulan Desember 2023, dengan total bantuan mencapai Rp400.000 per keluarga.

Baca Juga: PT Jawa Satu Power Buka Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate, Minimal Lulusan D3

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat