kievskiy.org

BLT El Nino November 2023 Cair Rp400 Ribu, Bagaimana Cara Ambilnya?

Ilustrasi BLT El Nino.
Ilustrasi BLT El Nino. /Pixabay/Iqbalnuril Pixabay.com/Iqbalnuril

PIKIRAN RAKYAT - Pencairan BLT El Nino November 2023 bakal segera disalurkan pemerintah bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan penerima BLT El Nino 2023. Tiap bulannya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan BLT El Nino sebesar Rp200 ribu.

Bantuan tersebut diharapkan bisa menyokong kehidupan KPM yang terdaftar dalam program keluarga harapan (PKH) yang terdampak El Nino panjang.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan pencairan BLT El Nino Rp400 ribu akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia alias Kantor Pos. Diharapkan para penerima bantuan bisa dengan mudah mendapatkannya, tanpa terpotong oleh pihak lain.

Penerima BLT El Nino

Penerima BLT El Nino sudah dibahas oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Mereka yang berhak menerima bantuan adalah para masyarakat yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat (PKM).

Baca Juga: Lansia di Cianjur Tertimbun Reruntuhan Bangunan, Warga Bantu Evakuasi dengan Tangan Kosong

Tercatat, ada 18,8 juta keluarga penerima manfaat yang akan menerima bantuan ini. Akan tetapi, Kemensos masih melakukan pengkajian ulang terhadap 18,8 juta keluarga miskin calon penerima BLT El Nino, supaya pemanfaatan program bantuan tepat sasaran.

Pengkajian ulang daftar penerima BLT itu dilakukan setelah Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menerima masukan dari hasil rapat bersama Anggota Komisi VIII DPR di Jakarta, Selasa 7 November 2023.

"Hasil rapat pertama yang masuk dalam daftar penerima ialah 18,8 juta, tetapi saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk memfinalisasi jumlah penerima itu," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Toleransi Beragama di Jawa Barat, Tak Rasakan Diskriminasi kendati Minoritas

Pengkajian dilakukan setelah melihat dampak dari El Nino. Tak hanya kena masyarakat miskin, masyarakat menengah juga terkena dampak akibat kekeringan yang berkepanjangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat