kievskiy.org

Simulasi Kredit Syariah Emas Batangan Januari 2024, Cicilan Rp200 Ribuan

Ilustrasi emas batangan.
Ilustrasi emas batangan. /Unsplash/Sabrianna

PIKIRAN RAKYAT - Simak tabel Simulasi Kredit Syariah emas 10 gram sampai 250 gram Januari 2024. Bagi Anda yang ingin memiliki logam mulia tersebut, Anda bisa menjadikan simulasi berikut sebagai gambarannya.

Investasi emas kini bisa mulai dilakukan, Anda bisa melakukannya dengan menggandeng bank seperti Bank Central Asia atau BCA Syariah, Bank Syariah Indonesia (BSI), atau bank lainnya. Pastikan Anda melihat skema Simulasi Kredit dari emas tersebut terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Serba-serbi Investasi Emas 10-250 Gram

Tabel simulasi ini untuk pembiayaan jangka waktu12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, 48 bulan, dan 60 bulan. Kepingan emasnya ada yang mengandung 10 gram, 50 gram, 100 gram, sampai 250 gram.

Terdapat biaya awal yang harus dibayarkan untuk setiap jangka waktu. Contohnya untuk emas 10 gram dengan uang muka Rp1.082.198, biaya awalnya adalah Rp1.182.198. Biaya awal itu berbeda untuk setiap gram emasnya.

Bagi Anda yang membeli emas batangan, terdapat sejumlah tiips yang bisa diterapkan para pemula. Tips pertama yakni menetapkan tujuan investasi emas, apakah untuk dana pendidikan jangka panjang, ibadah haji, atau dana di masa depan.

"Dengan menentukan tujuan, memudahkan kamu untuk memperkirakan berapa gram emas yang harus dibeli, sehingga nilainya cukup untuk memenuhi target di masa depan nanti," kata laman Pegadaian.

"Caranya, tentukan berapa jumlah target masa depan, misalnya untuk biaya pendidikan anak butuh sebesar Rp108juta. Maka kita perlu kira-kira emas minimal 120 gram. Jika biaya tersebut diharapkan tersedia dalam 10 tahun mendatang, maka setiap bulan perlu menabung 1 gram emas," ujarnya melanjutkan.

Anda juga perlu mengetahui tingkat kemurnian emas, diketahui terdapat beberapa emas dengan tingkat kemurnian masing-masing seperti 24 karat atau 18 karat. Emas 24 karat memiliki tingkat kemurnian paling tinggi karena tidak ada campuran di dalamnya.

"Sedangkan, emas batangan dengan kandungan 18 karat terdiri dari 18 bagian emas serta campuran dari 6 logam lainnya. Agar keuntungan yang diperoleh tinggi, kamu bisa memilih emas batangan dengan kandungan 24 karat," ujar Pegadaian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat