kievskiy.org

Pertamina Gelar Pelatihan Bersertifikat untuk Peternak Sapi, Bantu Tingkatkan Daya Produksi UMKM

PT Pertamina (persero).
PT Pertamina (persero). /ANTARA News/Asep Firmansyah

PIKIRAN RAKYAT - PT Pertamina (Persero) menggelar pelatihan bagi 30 peternak sapi di Provinsi Lampung.

Pelatihan itu berlangsung di Balai Desa Astomulyo, Kec. Punggur, Kab. Lampung Tengah dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 yakni menjaga jarak.

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami mengatakan, pelatihan ini juga bertujuan untuk peningkatan daya produksi sapi bagi mitra binaan peternak sapi agar eksis di masa pandemi.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Pertamina Dorong Penggunaan MyPertamina

"Dengan menjadi binaan Pertamina, UMKM bisa memperoleh kesempatan pelbagai pembinaan, antara lain pelatihan kewirausahaan, sertifikasi, pameran, hingga kesempatan membuka akses pasar," kata Dewi.

Usai mendapatkan pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat yang secara simbolis diserahkan oleh Raras Pandu Respati Ningrum, S.Pd selaku Supervisor Rumah Kreatif BUMN Pertamina di Lampung Tengah.

Materi diberikan oleh Supardi dari Dinas Peternakan Lampung Tengah, yang memberikan pembekalan mulai dari pemilihan jenis sapi, penyiapan kandang, pembuatan kandang, pemilihan bibit sapi yang unggul dan pemberian pakan.

Baca Juga: Gunakan ‘Si Biru’, BNNK Ciamis Optimalkan Layanan Program P4GN

"Semua proses tersebut harus Memilih bibit sapi, perlu penanganan khusus dibandingkan usaha penggemukan, serta dalam beberapa proses diperlukan sebuah standar yang baku dan valid terutama dalam memperoleh bibit unggul,” jelas Supardi.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat