kievskiy.org

Belanja Kebutuhan Sahurmu di Astro dan Manfaatkan Promo Spesial BRI Diskon 20 Persen!

Ilustrasi.
Ilustrasi. /Freepik/Lifestylememory

 


PIKIRAN RAKYAT 
- Puasa Ramadan adalah ibadah wajib yang dilaksanakan selama satu bulan penuh dengan menahan diri dari hal-hal maupun perbuatan yang buruk, mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Sebelum menjalani puasa, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan sahur pada dini hari.

Sahur menjadi aktivitas yang penting karena memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu memenuhi kebutuhan energi saat puasa, mencegah kadar gula darah rendah, dan menjaga berat badan.

Umat Muslim juga patut melakukan rutinitas seperti biasa meski dalam keadaan berpuasa, sehingga sebagian orang terkadang tidak sempat untuk menyiapkan sahur dan berujung melewatkan aktivitas makan tersebut.

Untuk menghindari kondisi badan lemas akibat tidak sahur, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyiapkan sahur yang praktis. Nah, apa saja tipsnya?

1. Rencanakan menu dan waktu memasak

Pertama, buatlah daftar menu yang simple untuk jangka waktu satu minggu. Saat ini banyak pengguna internet maupun media sosial yang telah membagikan kumpulan resep sahur yang sederhana dan praktis. Anda juga bisa menanyakan pendapat keluarga tentang menu yang diinginkan.

Selain itu, rencanakan durasi memasak dengan mengalokasikan waktu sebanyak 30-45 menit. Hal ini diperlukan agar Anda masih memiliki banyak waktu untuk menyantap makanan. Jika sahur melewati waktu subuh, puasa Anda menjadi batal.

2. Tetap sajikan menu sahur bernutrisi

Sahur tidak hanya berkaitan dengan jumlah porsi yang dikonsumsi. Justru, komposisi makanan yang dicerna dalam tubuh akan memengaruhi kelancaran ibadah puasa Anda. Walaupun Anda ingin memasak menu yang simple, jangan lewatkan komposisi seimbang di dalam makanan sahur, yakni protein dan serat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat