kievskiy.org

Keuntungan Investasi Emas Dibandingkan Investasi Lainnya, Benarkah Lebih Cepat Cuan?

Ilustrasi harga emas hari ini, Senin 22 April 2024.
Ilustrasi harga emas hari ini, Senin 22 April 2024. /Unsplash/Sabrianna

PIKIRAN RAKYAT - Investasi emas memiliki beberapa keuntungan yang menarik dibandingkan investasi lainnya, selain harga yang cenderung selalu naik, investasi emas juga merupakan investasi yang aman dari ancaman geopolitik.

Per 22 April 2024, harga logam mulia kini bernilai Rp1.240.975 untuk per gramnya. Pada Minggu, 21 April 2024, angkanya lebih tinggi yakni Rp1.347.000 alias harga hari ini turun Rp2.517,30.

Jika dikonversi ke dalam dolar Amerika Serikat (AS), harga emas tersebut adalah 76,71 dolar AS untuk kurs Rp16.177. Nilai kurs Rupiah sedang turun saat ini akibat inflasi di Negeri Paman Sam yang belum turun, penurunan dan kenaikan harga emas tidak setajam investasi lainnya, itu sebabnya investasi emas lebih aman untuk pemula ataupun profesional.

Berikut ini beberapa keuntungan investasi emas seperti yang sudah Pikiran-Rakyat.com rangkum untuk Anda.

Keuntungan Investasi Emas Dibandingkan Investasi Lainnya

  1. Nilai Tahan Lama
    Emas telah dianggap sebagai lambang nilai kekayaan dan stabilitas ekonomi selama berabad-abad. Nilainya cenderung bertahan atau bahkan meningkat seiring waktu, terutama dalam jangka panjang.

  2. Perlindungan dari Inflasi
    Emas sering digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Ketika nilai mata uang menurun karena inflasi, nilai emas cenderung bertahan atau meningkat, sehingga mempertahankan daya beli Anda.

  3. Diversifikasi Portofolio
    Investasi emas dapat membantu Anda mengurangi risiko dalam portofolio investasi Anda karena emas tidak berkorelasi sepenuhnya dengan pasar saham atau obligasi. Ini berarti kinerja emas tidak selalu bergerak searah dengan kinerja pasar lainnya, sehingga dapat memberikan perlindungan saat pasar tradisional turun.

  4. Liquidity
    Emas relatif mudah diperdagangkan dan memiliki pasar yang likuid, artinya Anda dapat dengan mudah membeli atau menjual emas sesuai kebutuhan Anda.

  5. Aplikasi yang Beragam
    Selain sebagai instrumen investasi, emas juga memiliki banyak aplikasi praktis dalam industri seperti teknologi, kesehatan, dan perhiasan. Ini memberikan dukungan tambahan terhadap permintaan dan nilai emas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat