kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar AS Hari Ini 14 Mei 2024: Sempat Naik, Kini Turun Jauh Lagi

Ilustrasi rupiah dan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang melemah.
Ilustrasi rupiah dan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang melemah. /ANTARA/Reno Esnir

PIKIRAN RAKYAT - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau kembali melemah. Pada Senin 13 Mei 2024, kurs rupiah terhadap dolar AS berada pada angka Rp16.045.

Pada hari ini, Selasa 14 Mei 2024, kurs rupiah tampak kembali mengalami penurunan yang cukup jauh. Hari ini, kurs rupiah terhadap dolar AS berada di angka Rp16.128. Sementara untuk kurs jual dan beli, memiliki nilai yang beragam.

Kurs Uang Kertas Asing (UKA) jual dari dolar AS ke rupiah adalah Rp16,581. Sedangkan kurs UKA beli juga di harga Rp15,581.

Sementara itu, kurs transaksi jual dari dolar AS ke Rupiah sebesar Rp16,161.41. Lalu, kurs transaksi beli sebesar Rp16,000.59.

Cara Menaikkan Nilai Rupiah

Nilai rupiah yang turun menandakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia suboptimal. Lantas, bagaimana cara menaikkan nilai rupiah? Berbagai cara bisa dilakukan secara pribadi untuk berkontribusi pada naiknya nilai rupiah, yakni:

  • Membeli Produk Dalam Negeri

Cara menaikkan nilai rupiah yang pertama adalah dengan berbelanja produk buatan lokal Indonesia. Ketika Anda secara konsisten membatasi membeli produk luar negeri dan mulai berpindah ke hasil karya dalam negeri, hal ini bisa berkontribusi pada penguatan rupiah.

Lagipula, sekarang ada banyak produk lokal yang mampu menyaingi buatan negara luar dalam hal kualitas. Terlebih, harga buatan negara sendiri juga hemat kantong.

  • Tidak menimbun Dolar AS

Beberapa dari Anda berkesempatan mengumpulkan dollar sebagai bentuk diversifikasi portofolio investasi. Untuk membantu meningkatkan rate mata uang Indonesia, Anda bisa menukarkan dolar AS yang berlebih sebagai cara menaikkan nilai rupiah.

Perlahan memercayai nilai rupiah dan tidak melulu menukarnya dengan dollar juga bisa Anda mulai untuk membantu memperbaiki kondisi nilai rupiah ke arah yang lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat