kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar AS Hari ini 16 Mei 2024, USD Mulai Melemah

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Aprillio Akbar

PIKIRAN RAKYAT – Kurs nilai tukar rupiah ke dollar AS hari ini Kamis, 16 Mei 2024 sedikit menguat jika dibandingkan dengan kondisi Rabu, 15 Mei 2024 pagi. Nilai kurs tukar rupiah ke dollar AS pada Rabu, 15 Mei 2024 dibuka dengan Rp16.104.

Kamis, 16 Mei 2024, kurs rupiah terhadap dollar AS sedikit menguat dan menunjukkan tanda yang bagus. Adapun kurs rupiah ke dollar AS hari ini dibuka dengan Rp16.027 pada pukul 6.52 WIB.

Menguatnya nilai dollar AS atas rupiah ini terjadi sejak pertengahan April 2024 lalu. Rupiah sedikit demi sedikit menguat dengan strategi yang dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia (BI).

Tak dimungkiri nilai tukar rupiah ke dollar AS menguat setelah adanya eskalasi di Timur Tengah. Tapi Amerika Serikat masih menguasai ekonomi dunia dengan dollar AS yang makin menguat saat itu.

Baca Juga: Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar AS Hari Ini 15 Mei 2024: Kemarin Turun, Sekarang Sedikit Naik

Kinerja rupiah kuat

Kinerja rupiah yang kuat terjadi setelah rilisnya data inflasi Indeks Harga Produsen (PPI) Amerika Serikat yang menguat. Tapi tak dimungkiri bahwa inflasi yang terjadi di dunia masih tetap tinggi.

"Kuatnya kinerja rupiah didukung oleh penurunan yang terjadi pada mata uang dolar AS setelah rilis data PPI yang menguat di atas ekspektasi, sehingga menandakan bahwa inflasi masih tetap tinggi," ujar analis ICDX Taufan Dimas Hareva.

Selain itu, PPI juga memberikan lebih banyak pembenaran untuk mempertahankan suku bunga yang lebih tinggi dan lebih lama oleh bank sentral AS atau The Fed. Karena faktor itu pula bisa menopang kenaikan rupiah.

Angka PPI AS pada Selasa, 14 Mei 2024 mengalami kenaikan sebanyak 2,2 persen secara tahunan atau year on year (yoy) pada April 2024. Pada Maret 2024 lalu, kenaikan terjadi hanya sebesar 1,8 persen saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat