kievskiy.org

Apa Itu Family Office? Pengelola Kekayaan Crazy Rich yang Disiapkan Luhut di Indonesia

Ilustrasi family office.
Ilustrasi family office. /Pexels/RDNE Stock project

PIKIRAN RAKYAT - Family Office menjadi perhatian karena tengah disiapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Indonesia. Dia mengklaim, keuntungan dari penyediaan family office bisa mencapai Rp3,2 triliun.

Akan tetapi, apa sebenarnya family office? Family Office merupakan firma penasihat pengelolaan kekayaan swasta yang melayani individu dengan kekayaan bersih sangat tinggi (HNWI). Family Office berbeda dengan manajemen kekayaan tradisional, karena mereka menawarkan solusi total untuk mengelola kebutuhan keuangan dan investasi individu atau keluarga kaya.

Misalnya, selain perencanaan keuangan dan manajemen investasi, banyak Family Office menawarkan penganggaran, asuransi, pemberian amal, perencanaan transfer kekayaan, layanan pajak, dan banyak lagi.

Memahami Family Office

Family Office menyediakan berbagai layanan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan HNWI. Dari manajemen investasi hingga pemberian nasihat amal, Family Office dapat menawarkan tim spesialis yang berdedikasi untuk melayani klien-klien ini.

Bisnis yang dikelola keluarga mungkin memerlukan struktur untuk perencanaan suksesi, seperti perwalian atau yayasan untuk aset keluarga. Mengingat kompleksitas situasi ini, klien dapat memanfaatkan Family Office untuk membantu mengelola aset dan menyelaraskan kepentingan.

Family Office juga dapat menangani masalah non-keuangan, seperti sekolah swasta, pengaturan perjalanan, dan pengaturan rumah tangga lainnya. Family Office biasanya didefinisikan sebagai kantor keluarga tunggal atau kantor multi-keluarga (MFO).

Family Office tunggal hanya melayani satu keluarga yang sangat kaya, sedangkan MFO lebih erat kaitannya dengan praktik pengelolaan kekayaan swasta tradisional. Mereka berusaha membangun bisnisnya dengan melayani banyak klien.

MFO lebih banyak ditemukan karena skala ekonomi yang memungkinkan pembagian biaya di antara para nasabahnya. Namun yang penting, apa yang dilakukan Family Office bisa sangat berbeda.

Meskipun satu klien mungkin memerlukan Family Office untuk mendapatkan nasihat berkualitas tinggi dari berbagai pakar, klien lain mungkin memerlukan Family Office untuk mengatur kebutuhan gaya hidup mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat