kievskiy.org

Resolusi 2017: Kurus!

TAHUN baru adalah saatnya untuk merumuskan resolusi. Meski tak jarang beberapa resolusi tahuns ebelumnya tak tercapai, namun tak ada salahnya untuk kembali membuat resolusi baru yang harus diraih setahun ke depan.

Salah satu resolusi yang paling banyak diucapkan, terutama bagi perempuan, adalah menguruskan badan. Tak mudah memang dalam mewujudkannya, namun menguruskan badan menjadi hal serius bahkan paling dicari banyak orang dalam catatan Google. Jumlah pencarian cara menguruskan badan terus meningkat seak 2014 hingga saat ini. Beberapa kata kunci pencarian bahkan terkesan nyeleneh tapi justru banyak dicari orang yaitu "cara menguruskan badan tanpa olahraga".

Diet untuk sehat
Jangan salah, menjadi kurus juga harus tetap sehat. Berbagai pola diet dapat menjadi pilihan. Beberapa pola diet dilakukan secara bertahap, namun tak sedikit pola diet yang cukup ekstrem dengan hasil yang langsung terlihat. Meski demikian, kesehatan tubuh secara keseluruhan tetap harus menjadi tujuan akhir.

Pola diet yang baik memang seharusnya bukan diet yang menyiksa tubuh. Alih-alih menjadi kurus, kita akan tampak lebih tua dari usia yang semestinya atau jatuh sakit. Ubah tujuannya, diet bukan untuk kurus tapi untuk sehat.

"Buat apa berat badan turun kalau penyakitan? Langsing tapi kulit kusam dan mudah lelah semisal? Atau tampilan lebih tua dari usia? Yang pasti tubuh sehat akan mencari berat idealnya sendiri, dan bukan melulu turun berat badannya. Bisa saja malah bertambah," kata Erikar Lebang, pakar food combining, beberapa waktu lalu.

Food combining, kata dia, bukan diet dalam pemahaman semata-mata melangsingkan badan. Itu adalah mengatur pola makan dengan mempelajari siklus tubuh. Misalnya di pagi hari, food combining mengharuskan sarapan buah karena pagi hari adalah fase pembuangan sisa metabolisme besar malam hari. Energi sistem cerna harus difokuskan kesana. 

"Pemberian makanan berat justru akan mengganggu fase tadi. Buah adalah komponen makan yang tepat bagi fase itu. Karena sarat manfaat namun mudah cerna," ucapnya. Tidak semua buah, karena buah yang tinggi alkohol, mentah atau terlalu matang, dan buah miskin air tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai materi sarapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat