kievskiy.org

Hindarkan Sayur dan Buah Ini dari Menu MPASI Bayi

MEMULAI pemberian makanan pendamping ASI adalah salah satu tonggak besar dalam tahun pertama kehidupan bayi. Setelah bayi menunjukkan tanda-tanda kesiapan makan pada usia sekitar tanda enam bulan, si kecil  bisa  mengeksplorasi berbagai rasa dan tekstur baru.  

Buah dan sayur merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat bergizi lainnya untuk bayi. Namun, dikutip dari laman babble.com buah dan sayur di bawah ini sebaiknya dihindari sebelum usia bayi mencapai satu tahun.


Buah- buahan seperti stroberi, blueberry, raspberry dan blackberry mengandung protein yang sulit untuk dicerna bayi yang baru memulai MPASI.

Buah jeruk , nanas dan anggur pun, merupakan buah yang mengandung asam dan dapat menyebabkan sakit perut dan ruam di bagian punggung atau wajah bayi. Tetapi jika  harus diberikan buah tersebut , alangkah baiknya jika memberikan hanya sedikit pada suatu waktu , dan pastikan untuk memotong buah menjadi potongan-potongan yang sangat kecil atau dibuat jus untuk mencegah tersedak dan segera lihat reaksi terhadap alergi.

Lakukanlah konsultasi kepada dokter anak anda sebelum memberikan jenis makanan padat atau tambahan apapun kepada bayi, karena mungkin setiap bayi memiliki kondisi yang berbeda. Berikan jenis buah atau sayuran yang baik untuk tubuh bayi secara bertahap dimulai dari jumlah sedikit, agar si kecil tumbuh sehat.( Viana Ruhiyat )***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat