kievskiy.org

Dari Bandung, Wisata Warna ke Malang dengan Rp 553.000

BERBICARA tentang apel tentu identik dengan sebuah kota di Jawa Timur. Ya apel adalah julukan untuk Kota Malang. Beberapa destinasi wisatanya bahkan dikenal hingga mancanegara. Sebut saja Gunung Bromo, Gunung Semeru, dan kota wisata Batu. Namun, siapa sangka, selain wisata alam pegunungan, Malang pun memiliki keeksotikan pantainya yang belum banyak orang tahu.

Jumat 27 Januari 2017, sepulang kerja bersama seorang teman, saya bergegas menuju Stasiun Kiaracondong, Bandung. Tepat pukul 20.00, Kereta Api Ekonomi Kahuripan yang saya naiki diberangkatkan dari jalur 5. Menempuh perjalanan sekitar 14 jam, tujuan awal saya adalah Kota Kediri.

Saya sengaja tidak memilih kereta api yang langsung menuju Malang agar lebih terasa petualangannya.

Sampai di Stasiun Kediri pukul 10.00, saya berjalan menuju loket untuk membeli tiket Kereta Api Penataran tujuan Malang. Namun, apa daya, tiketnya sudah ludes. Begitu pun dengan tiket berdiri. Pilihan pun kami alihkan ke transportasi umum lain, yaitu bus.

Untuk mencari bus tujuan Malang, kita dapat mencegatnya di Jalan Hasanudin, Kediri. Dari Stasiun Kediri dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Menggunakan bus Bagong, perjalanan dari Kediri ke Kota Malang ditempuh selama empat jam.

Sekitar pukul 15.00, kami sampai di Terminal Landungsari Malang, kemudian dijemput teman saya yang asli orang Malang. Malam hari kami habiskan dengan beristirahat di rumah teman kami karena cukup lelah.

Menyulap kampung kumuh
Berbicara tentang wisata Malang memang tidak akan ada habisnya, selalu memunculkan hal-hal baru yang menarik minat untuk dikunjungi. Ada spot menarik baru di Kota Malang yang sedang menjadi tren di kalangan traveler.

Siapa sangka, sebuah kampung padat penduduk yang dulunya kumuh berhasil disulap menjadi  kampung yang penuh warna. Letak Kampung Warna-Warni Jodipan ini berada di bantaran Sungai Brantas di bawah jembatan kereta api.

Sesuai dengan yang kami rencanakan, tujuan kami adalah menjelajah pantai-pantai indah di selatan Kota Malang. Menggunakan mobil, kami memulai perjalanan sekitar pukul 8.00. Tujuan destinasi adalah Pantai Sendiki di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Rute yang kami lewati dari Kota Malang adalah melewati Kerebet-Turen dengan jalanannya yang berkelok.