kievskiy.org

Ngemil Ternyata Diperlukan untuk Program Diet Sehat

TIDAK sedikit orang mengurangi atau bahkan menghindari kegiatan “ngemil” karena banyak alasan. Wanita, biasanya menghindari makan camilan untuk menjaga bentuk tubuh. Namun, ternyata ngemil dinilai perlu dan penting untuk pola diet sehat, selama masih dalam takaran dan waktu yang sesuai.

Pakar Gizi Keluarga Leona Djajadi mengatakan, makan camilan itu penting untuk program diet sehat. Asal bukan dilakukan karena “lapar mata”. Menurut Leona, ngemil bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari.

“Waktu yang paling tepat untuk ngemil itu satu jam sebelum makan, dan dua jam setelah makan,” ujar Leona seperti dilansir dari Antara.

Akan tetapi, perlu diingat, kita tidak boleh asal ngemil. Ia mengimbau, untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Dianjurkan, agar mengonsumsi sayuran dan buah sebagai camilan.

Ia menyebutkan, hasil survey menunjukkan 79 persen orang membeli camilan karena “lapar mata”. Hal itu biasanya disebabkan, tampilan visual yang menggugah selera, seperti bentuk dan warna makanan.

Sementara, 65 persen orang diketahui membeli makanan karena ingin mencoba makanan baru. Hasil survey itu, dinilai perlu menjadi perhatian, mengingat asupan kudapan tak boleh sembarang masuk ke dalam tubuh. Apalagi, untuk mereka yang tidak ingin kehilangan “snack time” tapi tetap sehat.

Produk susu dan kacang-kacangan

Leona mencontohkan, makanan dan minuman dari produk susu yang mengandung kalsium tinggi fosfat, rendah lemak, dan protein. Menurut dia, makanan kecil seperti itu bagus untuk kesehatan gigi dari luar dan dalam.

Selain produk susu, kacang kedelai juga menjadi camilan yang dianjurkan. Soalnya, kacang kedelai mengandung protein nabati yang tinggi dengan sumber serat yang juga baik bagi pencernaan.

"Sayuran dan buah menjadi kudapan yang utama, ditambah protein, makanan yang mengandung kalsium, rendah lemak, dan gula buatan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat