kievskiy.org

Mengkreasi Sendiri Dekorasi Rumah, Kenapa Tidak?

TAHUN baru, suasana baru. Bukan hanya suasana hati yang biasanya ditandai dengan resolusi baru yang lebih baik, tapi juga suasana di mana kita paling lama berinteraksi ­dengan keluarga. Ya, tentu saja rumah! Mahal? Do it yourself saja!

Mendekorasi rumah memang bukan kegiatan yang mudah dan murah. Apalagi kalau ingin mengganti suasana rumah yang baru. Padahal, dekorasi rumah sebelumnya sudah tertata baik tapi ada keinginan untuk menganti konsep keseluruhan dekorasi rumah.

Kalau mengganti konsep, ya tentu saja berimbas pada mengganti banyak hal. Mulai dari pilihan warna, mebel, pajangan, dan lain-lain yang membayangkannya saja sudah terasa mahalnya. Padahal, ada kok salah satu cara mengganti dekorasi rumah yang relatif murah, tentu saja dengan konsep do it yourself (DIY).

Serba-serbi DIY menjadi tren beberapa tahun ke belakang. Itu bisa juga diterapkan di rumah, supaya suasana baru didapat tapi tidak ”menyiksa kantong”. Seperti yang dilakukan beberapa perempuan yang tergabung dalam Komunitas Home Decor Bandung yang memiliki jejaring sosial di Instagram bernama @homedecor_bandung.

Salah satunya adalah Agri Sintia Sari (31) yang berangsur meng­ubah konsep dekorasi rumahnya dari bergaya shabby chic ke gaya klasik. Ia pun tidak mengubahnya secara drastis, tapi sedikit demi sedikit sejak akhir 2017 dan mendekorasi beberapa pajangan de­ngan cara DIY.

”Saya lagi senang tema klasik, tahun lalu serba-serbi shabby chic. Jadi berangsur dari bunga-bunga ke dekorasi klasik yang elegan. Inginnya sih serumah berganti, tapi ya pelan-pelan, mulai dari ruangan per ruangan dulu. Inginnya sih tanpa perlu beli baru semua hal, tapi mengubah yang kecil-kecil dulu tapi kesan dekorasi keseluruhannya langsung berubah,” katanya.

Ia mencontohkan dekorasi di kamarnya. Sekarang, kamarnya tidak lagi bernuansa shabby chic yang biasanya dominan dengan aksen bunga-bunga kecil dan warna-warna pastel. Kamarnya sudah menjadi serba putih.

Lalu, jam dindingnya yang tadinya tidak mewakili gaya desain apa pun, diubahnya bergaya klasik. Ia menggunakan sendok plastik yang disusun sehingga jam itu menjelma menjadi gaya yang elegan. Ia pun menambahkan hasil kerajinan makrame yang dibuatnya di bagian dinding yang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat