kievskiy.org

12 Tanda Kurang Makan, yang Keempat Sering Tidak Disadari

Banyak orang yang sering melewatkan jam makan atau bahkan kurang makan. Penyebab kurang makan bisa karena stres, sakit, diet ataupun jadwal yang padat. Padahal, kurang makan sama saja dengan makan berlebihan yang intinya memiliki dampak negatif pada tubuh dan kesehatan mental.

Dikutip dari HuffPost Australia, ada beberapa tanda kurang makan, selain dilihat dari berat badan yang turun. Menurut ahli kesehatan Jessica Spendlove, tidak cukup makan dapat menyebabkan energi yang terbatas dan tidak mencapai energi yang dibutuhkan, atau kombinasi dari keduanya.

Menurutnya, hal ini bisa saja terjadi saat seseorang sedang diet dan mengurangi asupan energinya. Selain itu bisa pula karena melakukan aktivitas yang padat tanpa menyesuaikan diri terhadap asupan yang tepat.

“Memang banyaknya pernyataan-pernyataan tentang fad diet (mengurangi nutrisi) dan mengurangi kalori yang sering dibuat dan ditunjukkan kepada Anda sehari-hari. Namun, bukan meminta Anda untuk kurang makan. Ini justru berbahaya,” kata ahli gizi Steph Lowe dari The Natural Nutritionist.

Ada banyak tanda yang muncul ketika seseorang tidak cukup makan. Beberapa muncul secara langsung, sedangkan yang lain ada yang muncul dalam beberapa minggu atau bulan. Tidak cukup makan dapat menyebabkan kerusakan pada hormon, memperlambat metabolisme dan menyebabkan kecemasan,” ujar Lowe.

Tanda kurang makan:

1. Kekurangan energi dan merasa lelah secara terus-menerus

2. Sering mengalami konstipasi atau sembelit

3. Merasa lapar secara terus-menerus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat