kievskiy.org

Dilan 1990 di Tengah Gempuran Film Asing Bioskop Kita

FILM yang diangkat dari novel laris “Dilan 1990” sudah tayang di bioskop, sejak 25 Januari 2018. Rilisan ini konon dinanti banyak orang. Terutama pembaca trilogi Dilan karya Pidi Baiq.

Tentang Dilan ini, Pidi Baiq menulis tiga judul buku. Antara lain “Dilan Dia Adalah Dilan-ku Tahun 1990”, “Dilan Dia Adalah Dilan-ku Tahun 1991”, dan “Milea Suara dari Dilan”. Semuanya laris hingga belasan cetakan per edisi. Belum lagi unduhan buku elektronik di Play Store.

Kemunculan Dilan versi film konon mengembalikan pecinta layar lebar pada masa kejayaan “Ada Apa dengan Cinta” pada 2002. Tentu saja ini dikaitkan dengan setting masa-masa remaja di bangku SMA. Namun, ada kesamaan lain. Dilan dan AADC sama-sama berjaya di tengah gempuran film asing dalam bioskop Indonesia.

AADC menjadi oase di padang gersang perfilman tanah air. Pada tahun yang sama, rilis juga karya Indonesia “5 Sehat  4 Sempurna”, “Kafir (Satanic)”, dan “Andai Ia Tahu”. Film-film tersebut memperoleh penonton jauh di bawah AADC yang sampai 1,2 juta orang.

“Andai Ia Tahu” dari Rachel Maryam pun tidak bergaung sama sekali kecuali original soundtrack-nya dari Aryo “Sepenuh Hati” yang terlantun sepanjang hari di televisi. Saat itu, AADC lebih banyak ditonton, meski film asing juga sedang merajai bioskop.

Pada akhir Januari 2018, Dilan 1990 rilis berdekatan dengan sejumlah film tanah air. Seperti “Flight 555”, film dengan sebagian besar setting di dalam pesawat terbang, dan drama berlatar adat Sulawesi “Silariang Cinta yang (Tak) Direstui”. Dari genre horor, hadir “Rumah Belanda”, dan “Arumi”. Sebagian bioskop masih menayangkan judul-judul itu, tapi hanya Dilan 1990 yang memperoleh studio tambahan di banyak XXI dan CGV.

Pemeran utama yang populer

Padahal film “Flight 555” telah mendapuk nama artis dengan 14,5 juta follower Instagram sebagai pemeran utama, yakni Gisella Anastasia. Kehadiran Gisel dalam “Cek Toko Sebelah” yang laris pada 2017, tidak memberikan dampak yang sama pada drama komedinya kali ini.

Enam hari tayang, Flight 555 mengumumkan jumlah penonton mereka yang sampai 100.050 orang. Jumlah yang sangat minim jika dibandingkan dengan penonton Dilan di hari keempat penayangannya. Sudah ada 1.295.000 penonton terhanyut dalam romansa Dilan-Milea.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat