kievskiy.org

10 Pantangan Imlek, dari Berutang hingga Anak Menangis

Lampion Imlek.*
Lampion Imlek.*

TAHUN Baru Imlek 2018 sudah semakin dekat. Semua warga Tionghoa di dunia mulai bersiap untuk menyambutnya.

Dengan datangnya Imlek, warga Tionghoa percaya berbagai takhayul yang akan menentukan bagaimana nasib 12 bulan kedepan. Nasib ditentukan melalui jenis shio yang meramalkan peruntungan untuk tahun ini.

Dalam kalender Cina, Tahun Baru Imlek dilambangkan oleh 12 binatang yang berbeda setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini adalah tahun Anjing Tanah yang menyimbolkan kejujuran dan kesetiaan.

Terdapat banyak tradisi yang dilakukan warga Tionghoa saat Imlek. Namun, ada juga beberapa hal tabu yang dilarang dilakukan saat Tahun Baru Imlek.
 

1. Obat   

Menggunakan obat pada hari pertama Tahun Baru Lunar tidak diperbolehkan. Hal tersebut berarti seseorang akan mendapatkan sakit sepanjang tahun 2018.
 

2. Sarapan Bubur

Bubur tidak boleh dimakan saat Tahun Baru Imlek. Bubur diidentikkan dengan makanan orang miskin, karena itu warga Tionghoa percaya mereka tidak akan memulai tahun dengan “kemiskinan”.

 


 

3. Mencuci Pakaian

Orang-orang tidak diperbolehkan mencuci pakaian saat hari pertama dan kedua perayaan Imlek. Hal ini karena dua hari tersebut merupakan perayaan kelahiran Shiuishen (Dewa Air).
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat