kievskiy.org

Main Ponsel Saat Makan Bikin Tidak Bahagia

SERINGKALI ketika kita sedang makan bersama dengan keluarga ataupun teman, kita lebih memilih untuk menatap layar ponsel. Kita tidak peduli pada orang yang ada di hadapan kita.

Tentu Anda tahu bahwa hal ini tidaklah sopan. Namun, apakah Anda tahu bahwa perilaku seperti ini juga bisa memicu rasa tidak bahagia?

Dikutip dari Time.com, penggunaan ponsel bisa menurunkan tingkat kenikmatan selama makan. Ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan dua peneliti asal University of British Columbia, Elizabeth Dunn dan Ryan Dwyer.

Keberadaan ponsel di atas meja makan akan mengganggu dan membuat Anda kurang bersosialisasi. Hal ini akan berdampak pada penurunan tingkat kenikmatan sebanyak setengah poin dari skala tujuh poin.

“Perbedaan yang sangat kecil yang disebabkan oleh ponsel membuat Anda dengan mudah mengabaikannya. Padahal ponsel telah mengubah pengalaman Anda dalam berinteraksi sosial secara halus,” kata Dunn menjelaskan.

Penelitian yang dilakukan Dunn dan Dwyer meminta 300 orang untuk pergi makan malam bersama teman atau keluarga. Namun, para responden tidak diberi tahu tujuan dari penelitian ini.

Main ponsel atau mengobrol

Setengah dari responden diminta untuk menyimpan ponselnya di atas meja dengan alasan mereka akan menerima beberapa pertanyaan. Sementara setengahnya lagi diminta untuk menjauhkan ponsel mereka dengan alasan pertanyaan harus dijawab di atas kertas.

Setelah makan malam selesai, kedua kelompok responden menjawab pertanyaan dari peneliti. Pertanyaan-pertanyaan tersebut terkait kenikmatan makan, penggunaan ponsel, dan pengalaman makan mereka secara keseluruhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat