kievskiy.org

Ini Penjelasan Mengapa Menguap Bisa Menular

SEORANG siswa baru kelas IB menguap pada hari pertama sekolah, beberapa waktu lalu.*
SEORANG siswa baru kelas IB menguap pada hari pertama sekolah, beberapa waktu lalu.*

ANDA pasti mengalami kejadian saat teman sedang menguap, Anda pun ikut menguap. Para peneliti menyebut hal itu sebagai menguap yang menular. Peristiwa itu terjadi sekitar 60% sampai 70%. Sebuah penelitian bahkan menyebut bahwa menahan kuap justru hanya akan membuat rasa ingin menguap semakin kuat.

Time melaporkan, penelitian yang dipublikasikan di Current Biology ini memberikan penjelasan mengenai mengapa orang yang menguap akan menular pada orang-orang di sekitarnya. Dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa hal tersebut tidak ada hubungannya dengan mengekspresikan rasa empati atau keinginan untuk berbagi terhadap perilaku orang lain.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa dorongan untuk menguap seperti orang yang sedang menguap di sekitar Anda sangat berhubungan dengan tingkat aktivitas otak pada manusia. Akan ada dorongan untuk ikut menguap dan sulit untuk dihindari.

Hasil penelitian

Penelitian itu melibatkan 36 orang dewasa. Pertama, secara magnetis peneliti menstimulasi otak mereka untuk mengukur seberapa aktif saraf di daerah tertentu di otak. Mereka fokus pada korteks motorik, karena di sana melibatkan perencanaan dan gerakan tubuh.

Pengukuran tersebut membantu peneliti untuk mengukur beberapa "sensitif" korteks motorik setiap orang, yang mereka asumsikan akan memperdiksikan kecenderungannya untuk menguap yang menular.

Kemudian mereka menunjukkan sebuah video yang berisikan orang yang menguap kepada para relawan. Setengah dari mereka diminta untuk menahan rasa untuk menguap, dan setengahnya lagi dibebaskan untuk menguap. Para peneliti merekam reaksi para relawan dan menghitung jumlah dan jenis menguap yang mereka lakukan.

Peneliti menemukan, relawan yang diminta untuk menahan rasa menguap, pada akhirnya mereka menguap dengan mulut terbuka lebar. Namun, peneliti melihat banyak yang berusaha menahan (namun masih terlihat) menguap pada kelompok ini, dan para relawan dalam kelompok tersebut mengatakan dorongan yang kuat untuk menguap daripada kelompok lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat