kievskiy.org

Efek Samping Bersepeda, Ini 5 Cedera yang Bisa Kamu Alami

Ilustrasi - Simaklah berikut ini adalah efek samping dari bersepeda, di antaranya yakni benerapa cedera seperti:
Ilustrasi - Simaklah berikut ini adalah efek samping dari bersepeda, di antaranya yakni benerapa cedera seperti: /Pexels/Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Olahraga bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, Kita juga tidak bisa abai akan efek samping dari aktivitas tersebut.

Sementara itu, manfaat bersepeda di antaranya bisa meningkatkan suasana hari, bisa menjaga pola hidup sehat bahkan bisa menyehatkan jantung dan menurunkan berat badan.

Namun jangan lupa, kalau bersepeda mmbisa menimbulkan berbagai efek samping misalnya seperti mengalami beberapa cedera ringan hingga serius.

Simaklah berikut ini efek samping dari bersepeda, di antaranya yakni benerapa cedera seperti:

Baca Juga: Cara Menghindari Kasus Henti Jantung Saat Olahraga, Kenali Kapasitas Diri Jadi Kunci

Cedera akibat efek samping bersepeda

1. Tendinitis Achilles

Aalah satu efeknya yakni bisa terkena cedera pada tendon di bagian belakang kaki yang menghubungkan otot betis ke tumit. Beberapa teknik yang buruk bisa memperburuk kondisi ini sehingga bisa menyebabkan nyeri dan pembengkakan di di area tersebut.

Iritasi ini sebagian besar disebabkan oleh sepeda yang tidak pas dengan ukuran tubuh atau misal posisi jok yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, menggunakan teknik mengayuh yang tidak tepat, hingga posisi kaki yang buruk akibat pengaturan pedal yang tidak tepat.

Baca Juga: Apa Beda Jogging dan Running? Dua Olahraga yang Sehatkan Tubuh

2. Plantar fasciitis

Plantar fascia adalah jaringan ikat tebal yang terletak di bagian bawah tumit. Cedera ini terjadi ketika munculnya nyeri tumit tajam yang disebabkan oleh iritasi berulang pada plantar fascia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat