kievskiy.org

Penemuan Patung Raksasa Berusia 3.500 Tahun di Mesir Kejutkan Dunia

KAIRO, (PR).- Arkeolog Mesir dan Jerman menemukan patung setinggi 8 meter (36 kaki) yang terbenam dalam lumpur. Diprediksi, patung raksasa itu berasal dari zaman Pharaoh Ramses II yang memerintah Mesir lebih dari 3.000 tahun lalu.

Seperti diberitakan The Guardian, penemuan itu dinyatakan Kementrian Benda Purbakala Mesir sebagai penemuan paling penting sepanjang masa. Patung itu ditemukan di sekitar reruntuhan zaman Ramses II, daerah yang dulu disebut sebagai kota Heliopolis yang berlokasi di timur Kairo saat ini.

“Selasa (7 Maret 2017) lalu mereka meminta saya megumumkan penemuan besar yaitu sebuah colossus (patung yang sangat besar) yang kemungkinan berasal dari zaman kerajaan Ramses II,” ucap Khaled al-Anani, Menteri Benda Purbakala Mesir dalam situs resmi penelitian tersebut.

Pharaoh, atau yang dikenal juga sebagai Ramses Sang Raja atau Ozymandias adalah generasi ketiga dari 19 dinasti Mesir yang dijalankan 66 tahun sejak 1279 hingga 1213 sebelum masehi.

Sayangnya, kuil itu hancur pada zaman Yunani Kuno. Banyak dari bagian tugu kuil itu dipindahkan ke Alexandria atau ke Eropa dan sebagian besar batunya dihancurkan dan digunakan untuk pembangunan kota Kairo.

Dietrich Raue, ketua tim peneliti dari Jerman mengatakan Mesir kuno percaya Heliopolis adalah tempat dewa matahari hidup, artinya tempat di luar kerajaan. "Dewa matahari menciptakan dunia di Heliopolis, di Matariya. Itulah yang selalu saya sampaikan kepada orang-orang di sini ketika mereka bertanya hal penting. Menurut kepercayaan Firaun, dunia semula diciptakan di Matariya. Itu berarti semuanya harus dibangun di sini; patung, kuil, obelisk, semuanya. Namun, raja tidak pernah tinggal di Matariya karena itu dewa matahari tinggal di sini," katanya.

Saat ini para ahli sedang berupaya mengambil sisa potongan kedua patung sebelum menyusun dan memindahkannya. Jika berhasil dan terbukti bahwa patung raksasa tersebut menggambarkan Ramses II, patung tersebut akan dipindahkan ke pintu masuk Grand Egyptian Museum, museum di Giza yang akan dibuka pada 2018.

Penemuan itu bisa menjadi keuntungan bagi industri pariwisata Mesir yang telah menderita kemunduran sejak pemberontakan yang menggulingkan Hosni Mubarak pada 2011. Padahal, sektor pariwisata tetap menjadi bagian penting dari penerimaan mata uang asing bagi Mesir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat