kievskiy.org

Lebaran, Obama Liburan ke Indonesia

PRESIDEN AS Barack Obama saat mendengarkan audiens dalam konferensi pers di Gedung Putih, AS , 16 Desember 2016 lalu.*
PRESIDEN AS Barack Obama saat mendengarkan audiens dalam konferensi pers di Gedung Putih, AS , 16 Desember 2016 lalu.*

JAKARTA, (PR).- Setelah menikmati tur Eropa, Barack Obama dijadwalkan segera berlibur ke Indonesia pada akhir Juni hingga awal Juli 2017. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kali pertama setelah Obama menyelesaikan jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat.

Newsweek memberitakan, kedatangan Obama dan keluarganya untuk berlibur di Indonesia. Selain itu, Obama juga dijadwalkan menghadiri Indonesia Diaspora Network Congress yang akan digelar pada 1 Juli 2017 mendatang.

Sebelum menghadiri acara itu, Obama akan mengunjungi Istana Bogor. Kunjungan itu merupakan undangan pribadi Presiden Joko Widodo.

Ini kunjungan Obama yang pertama setelah meninggalkan Gedung Putih. Obama pernah berkunjung ke Indonesia pada masa kepresidenannya pada 2010. Ketika itu, Obama disambut hangat oleh masyarakat Indonesia. Sebab Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Jakarta, Indonesia.

Selama empat tahun Obama tinggal di Indonesia. Ia mengikuti ibunya yang menikah dengan seorang geografer Indonesia. Dilansir dari Newsweek, Obama bahkan pernah mengikuti sekolah berbahasa Indonesia (1967-1971).

Sejarah masa kecil ini yang membuat masyarakat Indonesia ikut bergembira saat Obama terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat pada 2008. Data Pew Research Center menyebut, peringkat persetujuan Indonesia untuk AS meningkat hingga 70 persen setelah pemilihan. Padahal sebelumnya hanya 30 persen.

Bali, Yogyakarta, dan Jakarta

Dilansir dari Kantor Berita Antara, Obama rencananya akan berlibur bersama keluarga di Bali pada 23-28 Juni 2017. Setelah itu akan bertolak ke Yogyakarta untuk mengunjungi Candi Borobudur.

Kunjungannya akan berakhir di Jakarta. Rencananya suami Michelle Obama ini akan nostalgia masa kecilnya. Ia akan mengunjungi sekolahnya di Menteng.

Kepolisian Daerah Bali tidak meyiapkan pengamanan khusus terkait rencana kunjungan pribadi Obama dan keluarganya. "Pengamanan biasa saja, pengamanan umum untuk Obama," kata Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose dilansir dari Antara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat