kievskiy.org

Perempuan Bisa Menyetir, Harapan Baru Ekonomi Arab Saudi

PEREMPUAN Arab Saudi menghadiri perayaan HUT ke-87 Arab Saudi di Riyadh, 23 September 2017.*
PEREMPUAN Arab Saudi menghadiri perayaan HUT ke-87 Arab Saudi di Riyadh, 23 September 2017.*

RIYADH, (PR).- Para pemimpin Saudi menyambut baik aturan baru yang memperbolehkan perempuan untuk menyetir kendaraan sendiri. Kebijakan baru itu diharapkan akan membantu ekonomi dengan meningkatkan partisipasi perempuan di tempat kerja.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan perempuan untuk menyetir kendaraan mulai 24 Juni 2018 nanti. Keputusan ini dianggap bersejarah mengingat larangan perempuan mengemudi sudah berlangsung sejak lama.

Sebelumnya, banyak wanita Saudi yang bekerja menghabiskan sebagian besar gaji mereka untuk membayar pengemudi. Perempuan lainnya harus diantar oleh suami atau saudara laki-lakinya.

"Sungguh menakjubkan," kata Fawziah al-Bakr, seorang profesor dari Universitas Saudi. 

Ia adalah satu di antara 47 wanita yang berpartisipasi dalam demonstrasi pertama melawan larangan tersebut, tahun 1990 silam. Pada demonstrasi 27 tahun lalu itu, mereka berkeliling Riyadh. Para perempuan itu kemudian ditangkapi dan bahkan kehilangan pekerjaan.

"Sejak hari itu, wanita Saudi telah meminta hak untuk mengemudi. Sekarang akhirnya diizinkan," katanya seperti dikutip Channel News Asia. "Ini adalah penantian yang cukup lama."

Hukum syariah

Arab Saudi, rumah bagi situs tersuci Islam adalah kerajaan absolut yang diperintah menurut hukum syariah. Pejabat dan ulama Saudi telah memberikan banyak penjelasan untuk larangan tersebut selama bertahun-tahun. Banyak aktivis hak-hak perempuan dipenjara karena menentang larangan tersebut.

Keputusan yang memperbolehkan perempuan menyetir disambut gembira warga Arab. Di Riyadh, warga menari-nari di jalanan, memainkan drum dan musik elektronik. Pemandangan tersebut merupakan anomali menakjubkan di sebuah negara yang dikenal dengan segregasi gender yang ketat dengan visi Islam keras.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat