kievskiy.org

Raja Salman Tegaskan Dukungan untuk Palestina

RIYADH, (PR).- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud menegaskan dukungan kuat negerinya bagi hak rakyat Palestina untuk memiliki Jerusalem Timur sebagai Ibu Kota Negara Palestina. Hal tersebut disampaiknnya pada Rabu, 20 Desember 2017 waktu setempat.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency, dilansir Kantor Berita Antara, Raja Salman membahas masalah regional dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang sedang berkunjung. Selama pertemua, Raja Salman juga menegaskan hak rakyat palestina untuk negara merdeka mereka.

Sebelumnya pada awal Desember, Arab Saudi menyampaikan kekecewaannya atas keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Seperti diketahui Trump mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memerintahkan pemindahan Kedutaan Besar AS ke kota yang menjadi sengketa tersebut.

Raja Salman mengatakan, langkah Donald Trump tidak mengubah hak rakyat Palestina yang terpelihara dan tak bisa dipungkiri di Jerusalem, dan wilayah lain Palestina yang diduduki oleh Israel.

Arab Saudi juga memperingatkan bahwa tindakan tersebut menjadi contoh kemunduran drastis dalam upaya untuk memajukan proses perdamaian Palestina-Israel. Selain itu, tindakan menjauhkan diri dari posisi lama tak memihak Amerika Serikat mengenai masalah Jerusalem, sehingga akan menambah rumit konflik Palestina-Israel.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat