kievskiy.org

2.750 Miliarder Kuasai 3,5 Persen Kekayaan Dunia selama Krisis Covid-19

Ilustrasi kekayaan global yang dipegang oleh para miliarder melonjak ke rekor tertinggi selama krisis Covid-19
Ilustrasi kekayaan global yang dipegang oleh para miliarder melonjak ke rekor tertinggi selama krisis Covid-19 /Pixabay/S K

PIKIRAN RAKYAT - Pangsa kekayaan global yang dipegang oleh para miliarder melonjak ke rekor tertinggi selama krisis Covid-19, menurut sebuah kelompok yang didirikan oleh ekonom Prancis Thomas Piketty.

Sekira 2.750 miliarder telah menguasai 3,5 persen kekayaan dunia, kata Lab Ketidaksetaraan Global yang berbasis di Paris dalam sebuah laporan Selasa.

Kekayaan yang dimiliki para miliarder tersebut naik dari 1 persen pada 1995, dengan kenaikan tercepat datang sejak pandemi Covid-19 melanda, kata kelompok itu.

Separuh termiskin dari populasi planet ini memiliki sekitar 2 persen dari kekayaannya.

Baca Juga: Billy Mendadak Bongkar 'Larangan' dari Mendiang Olga Syahputra Ketika Hidup, Soal Apa?

Temuan studi menambah perdebatan tentang memburuknya ketimpangan selama krisis kesehatan masyarakat yang merugikan negara berkembang, di mana terjadi kekurangan vaksin serta sumber daya keuangan untuk meredam pukulan, bahkan lebih dari yang maju.

Di dunia kaya juga, pasar keuangan dan real-estate telah melonjak sejak kedalaman kemerosotan tahun lalu, memperlebar kesenjangan domestik.

Tren pandemi itu muncul setelah beberapa dekade kebijakan yang sering diarahkan pada orang-orang di atas, dengan harapan bahwa itu akan 'menetes ke bawah' dan semua orang pada akhirnya akan mendapat manfaat juga, menurut Lucas Chancel, salah satu penulis laporan tersebut.

Baca Juga: Berkaca dari Rencana Ayah Vanessa Angel, Bagaimana Hukum Memindahkan Makam dalam Islam? Simak Penjelasannya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat