kievskiy.org

Selamatkan Situ Pedongkelan Kota Depok!

DEPOK, (PR).- Kondisi Situ Pedongkelan di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok rusak parah. Situ tersebut mengalami pedangkalan dengan sampah yang bertebaran di permukaan airnya.

Pada Rabu 2 November 2016, sebagian situ telah berubah menjadi daratan karena pendangkalan. Berbagai macam sampah juga menghiasi permuka situ yang terletak di perbatasan Depok dan Jakarta Timur itu. Sejumlah bangkai ikan terlihat di sana. Kondisi yang mengenaskan tersebut tak menyurutkan warga memancing di sana. 

 Sukmin, pemancing asal Palsi Gunung, Cimanggis menuturkan, kerusakan terjadi sejak 2014. Pendangkalan semakin parah karena sampah dan endapan lainnya terbawa masuk ke Situ Pedongkelan dari aliran Kali Laya. 

Sepanjang kali tersebut memang dipadati perumahan warga. Sukmin menduga, sampah-sampah itu dibuang warga perumahan. Dia menambahkan, pengerukan sempat dilakukan pada 2006 dan 2009. 

"Dikeruk memakai backhoe, cuma sepertinya tidak terlalu lebar," kata Sukmin. 

Akibat pendangkalan, air situ kerap meluap ke pemukiman warga yang berada di tepi saat musim hujan. Dia menilai, upaya pengerukan yang dilakukan pemerintah tak efektif. Soalnya, pendangkalan situ disebabkan persoalan di wilayah hulunya. 

Selama kesadaran warga rendah dengan membuang sampah ke aliran sungai yang bermuara ke situ, pendangkalan tetap terjadi. "Harus ada sistem penyaringan seperti di Setu Babakan," tutur Sukmin.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok telah mengajukan permohonan dana hibah untuk 2017 kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna mengatasi banjir dan kemacetan.

Pemkot Depok mengajukan dana hibah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senilai Rp 500 miliar untuk 2017. Namun, dana hibah yang disetujui hanya Rp 30 miliar bagi tiga kegiatan proyek.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat