kievskiy.org

Pemohon BLT UMKM Rp2,4 Juta di Sumedang Capai 38.000, yang Bisa Cair Hanya 15.000

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumedang Wowo Sutisna.
Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumedang Wowo Sutisna. /Pikiran-rakyat.com/Taufik R

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 38.000 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Sumedang, kini telah mengajukan permohonan bantuan usaha melalui Program Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang digulirkan Kementerian Koprasi dan UKM RI.

Data serta persyaratan puluhan ribu pelaku UMKM yang mengajukan BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta dari Pemerintah Pusat itu, sekarang telah diterima dan tercatat di Dinas Koprasi UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kab. Sumedang.

"Sesuai data yang kami miliki, jumlah UMKM di Sumedang yang telah mengajukan program bantuan melalui kami itu, sekarang jumlahnya sudah mencapai 38.000 UMKM," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sumedang Wowo Sutisna.

Baca Juga: Sinopsis Film: The Green Hornet

Dari 38.000 UMKM yang telah mengajukan permohonan tersebut, lanjut Wowo, 26.000 UMKM diantaranya kini sudah tuntas terverifikasi.

Jadi sisanya, sekitar 12.000-an UMKM lagi, nanti akan diverifikasi pada tahap selanjutnya.

Supaya semua UMKM yang akan mendapat bantuan itu, benar-benar layak dan tepat sasaran sesuai yang diharapkan Pemerintah Pusat.

Baca Juga: Megawati Diyakini Takkan Maju Pilpres Meski Masih Didukung, 'Tokoh Baru Miliki Elektabilitas Tinggi'

Dijelaskan Wowo, jumlah UMKM yang mengajukan permohonan ini sepertinya masih belum tuntas semua, karena faktanya ternyata masih banyak juga UMKM baru yang membuat pengajuan susulan.

"Data yang sudah masuk ke kami memang sebanyak 38.000 UMKM. Tapi di luar itu, ternyata masih banyak juga pengajuan susulan yang jumlah mencapai sepuluh ribuan UMKM. Dan itu belum termasuk data UMKM yang telah diajukan langsung oleh BRI sebanyak lima ribuan UMKM," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat