kievskiy.org

134.430 Napi Dapat Remisi HUT ke-76 RI, Yasonna: Lapas di Indonesia Overload

ILUSTRASI. Narapidana mendapat remisi, Selasa 24 Desember 2019.*
ILUSTRASI. Narapidana mendapat remisi, Selasa 24 Desember 2019.* /HANDRI HANDRIANSYAH/PR

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 134.430 narapidana dan anak mendapat remisi umum di hari peringatan HUT ke-67 RI pada 17 Agustus 2021. Remisi ini diberikan kepada seluruh narapidana di Indonesia.

Selain sebagai remisi di HUT ke-67 RI, remisi ini diberikan sebagai bentuk asimilasi kepada narapidana di masa Covid-19. Hal ini seperti yang disampaikan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Yasonna mengingatkan jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan agar semakin meningkatkan kewaspadaan dan bekerja lebih ekstra dalam upaya menangani penyebaran Covid-19 di lembaga pemasyarakatan dan rutan.

Hal ini disampaikan Yasonna saat memberikan kata sambutan dalam kegiatan pemberian remisi umum peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Bung Jokowi Jadi Panggilan Baru, Respons Megawati dan Kader Demokrat

"Hingga hari ini, negara kita masih dihadapkan dengan wabah pandemi yang diakibatkan oleh penyebaran Covid-19. Hal ini perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama untuk melakukan tindakan super ekstra dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19, terutama pada lapas, rutan, dan LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak, red.)," kata Yasonna.

Dikatakan Yosanna, saat ini data penhuni lapas atau rutan di Indonesia mencapai 103 persen. Sehingga hal ini menyebabkan potensi risiko penularan Covid-19 meningkat.

"Hal ini diperparah dengan akses fasilitas medis dan pengalokasian tenaga medis yang belum merata di seluruh lapas/rutan di Indonesia. Untuk itu, kepada Direktorat Jenderal Pemasyrakatan dan jajaran agar semakin meningkatkan kewaspadaan dan bekerja lebih ekstra dalam upaya menangani wabah Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada setiap aktivitas," ucapnya.

Ia juga menyebut jajarannya selama ini telah melakukan serangkaian upaya demi menghindarkan lapas dan rutan menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat