kievskiy.org

Ini Saran ASDP untuk Pemudik yang Pakai Penyeberangan Feri

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau pengguna jasa penyeberangan feri mempersiapkan jadwal keberangkatan angkutan Lebaran 2017.*
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau pengguna jasa penyeberangan feri mempersiapkan jadwal keberangkatan angkutan Lebaran 2017.*

JAKARTA , (PR).-  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau pengguna jasa penyeberangan feri mempersiapkan jadwal keberangkatan angkutan Lebaran 2017. Tidak hanya keberangkatan, jadwal kepulangan selama periode lebaran pun harus disiapkan. Hal ini penting agar perjalanan arus mudik maupun balik berjalan lancar, aman, dan selamat. Hal yang lebih penting lagi, pemudik dapat merayakan kebahagiaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H bersama keluarga.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, Hari Raya Idulfitri diperkirakan jatuh pada Minggu (25 Juni 2017) dan Senin (26 Juni 2017). Lalu, libur cuti bersama yang jatuh pada 27-30 Juni 2017. Sedangkan, arus puncak mudik diprediksikan jatuh pada H-3 atau pada Kamis 22 Juni 2017 atau H-3 dan Jumat 23 Juni 2017 atau H-2.

“Kami mengimbau pemudik dapat mengatur perjalanan sebaik-baiknya. Kami harapkan pemudik dapat menyeberang sebelum waktu arus puncak. Dengan demikian, pemudik dapat menghindari potensi kemacetan dikarenakan kepadatan saat arus puncak. Stamina tetap harus dijaga, dan mewaspadai cuaca buruk, keamanan dan keselamatan jiwa dan kendaraan selama di perjalanan,” kata Faik Fahmi, pada sela acara jumpa pers Kesiapan Angkutan Lebaran 2017 dan buka puasa bersama media massa, di Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

ASDP memperkirakan jumlah penumpang penyeberangan selama musim mudik Lebaran tahun 2017 mencapai 4,95 juta orang. Penumpang ini tersebar di tujuh lintasan penyeberangan utama yang dipantau secara nasional.

Tujuh lintasan utama penyeberangan yang terpantau secara nasional yakni, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau, Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-api. Selama periode mudik Lebaran ini, sebanyak 191 unit kapal roro, dan 42 unit dermaga akan dioperasikan di tujuh lintasan tersebut.

Jumlah penumpang tahun ini diperkirakan mengalami kenaikan sebanyak 4 persen dibandingkan realisasi 2016 yang mencapai 4,78 juta orang penumpang. "Untuk roda dua diperkirakan naik 6,5 persen menjadi 443.666 unit sepeda motor dari realisasi 2016 sebanyak 416.954 unit. Untuk roda 4 atau lebih (termasuk truk) mencapai 660.407 unit atau naik 6,3 persen dibandingkan realisasi tahun 2016 sebanyak 628.002 unit," katanya.

Tiket online

Bagi pemudik feri yang membawa kendaraan kecil, Faik mendorong agar pemudik melakukan pembelian tiket berjadwal secara online. Layanan ini telah dibuka dan dapat diakses masyarakat mulai Kamis 1 Juni 2017 untuk jadwal keberangkatan 19 Juni 2017.

Tidak hanya dapat mengurangi antrian pembelian tiket di pelabuhan, tetapi pemudik yang membeli tiket online dapat menikmati jalur khusus di pelabuhan dengan waktu scan barcode lebih singkat. Sehingga pemudik dapat lebih cepat menuju kapal. Selain itu, data pemudik secara otomatis telah tercatat dalam manifest penumpang karena telah didaftarkan langsung saat proses online.

“Tiket online ini menjadi salah satu alternatif solusi yang diharapkan dapat memudahkan pengguna jasa. Kami terus berupaya meningkatkan kualitas layanan baik di pelabuhan maupun penyeberangan. Sehingga pelanggan dapat menikmati pengalaman perjalanan feri yang lebih berkesan pada Lebaran tahun ini,” ujar Faik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat